Sebelum Jatuh, Mesin Pesawat Lion Air Sempat Bermasalah Saat Terbang dari Bali

Pesawat Lion Air
Ilustrasi Pesawat Lion Air. (foto: b3 creative)

Terkini.id, Makassar – Pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, rupanya sempat mengalami masalah.

Informasi dihimpun terkini.id, pesawat tersebut sebelumnya dijadwalkan terbang Denpasar ke Cengkareng, pada pukul 19.30 WITA.

Namun, pesawat mengalami delay, hingga berangkat pukul 22.21 WITA, dan landing di Jakarta pukul 22.56 WIB.

Saat penerbangan, disebutkan, kru pesawat sempat menyampaikan kode pan-pan (semacam peringatan tentang bahaya, setingkat di bawah Mayday).

Selain itu, pada esok harinya, saat terbang dari Cengkareng ke Pangkal Pinang, pilot sempat menyampaikan kode RTB (Return to Base) yang berarti pesawat hendak kembali ke bandara Cengkareng.

Pernyataan Lion Air

Pihak ,anajemen Lion Air sendiri menyatakan, meskipun sempat bermasalah pada malam harinya, perbaikan sudah dilakukan sejak saat malam itu juga.

“Pesawat ini terakhir terbang dari Denpasar menuju Cengkareng, dalam posisi dirilis untuk terbang. Memang ada ada laporan mengenai masalah teknis dan masalah teknis ini sudah dikerjakan sesuai dengan prosedur maintenance yang dikeluarkan oleh pabrikan pesawat,” ujar Presider Lion Air Edward Sirait dalam konferensi pers di bandara Soekarno Hatta, Senin 29 Oktober 2018, mengonfirmasi informasi tersebut.

Edward mengungkapkan, kondisi pesawat dari Denpasar ke Jakarta dalam kondisi baik. Apabila ada masalah, lanjutnya, tidak mungkin pesawat itu diizinkan terbang.

“Kalau dia rusak tidak mungkin dirilis terbang dari Denpasar, iya. Cuma memang benda bergerak sebagaimana kita ketahui akan bisa mengalami gangguan setelah dia mendarat, hanya ketika dia mendarat adalah laporan dari awak pesawat itu langsung kita kerjakan. Itulah yang kita lakukan,” tutur Edward.

“Pada malam itu, langsung dilakukan pemeriksaan dan perbaikan sesuai petunjuk pabrik pesawat,” tutur Edward.

Minta Kembali

Terkait kabar pilot Lion Air yang sempat minta kembali, Kepala Otoritas Bandara (Otban) Bandara Internasional Soekarno Hatta, Bagus Sanjoyo, saat pilot meminta, petugas menara ATC memperbolehkan atau disetujui untuk kembali.

“Disetujui untuk kembali,” kata Bagus, saat memberikan keterangan persnya di Ruang VIP Terminal 1 Bandara Soetta, Senin.

Saat itu, petugas ATC menjawab dengan mempersilakan pesawat untuk kembali ke Bandara. Akan tetapi tiba-tiba, Lion Air tak lagi tertangkap di radar alias hilang kontak.

Komentar

Rekomendasi

Kabar Baik, Gugus Tugas Pastikan Produksi APD Tangani Corona Tercukupi

Mendagri Minta Pemda Segera Lakukan Perubahan Alokasi Anggaran untuk Covid-19

Alhamdulillah, Pasien Korona Sembuh Bertambah Menjadi 134 Orang

Kabar Gembira, PLN Sediakan Token Gratis untuk Pelanggan, Ini Caranya

Pemerintah Siap Eksekusi Putusan MA Soal Pembatalan Iuran JKN-KIS

Gegara Corona, Kemenag Berlakukan Pendaftaran Nikah Secara Online

Ini Cara Cairkan Mata Anggaran BTT di APBD untuk Penanggulangan Bencana

Pushidrosal TNI AL Lakukan Pemutakhirkan Data Hidro-oseanografi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar