Makassar Terkini
Masuk

Jejak Digital Shiddiqiyyah: Dukung Jokowi Saat Pilpres, Punya Lima Juta Jemaah

Terkini.id, Jakarta – Seorang netizen di media sosial memosting jejak digital Pondok Pesantren Shiddiqiyyah saat Pilpres 2014 lalu dimana kala itu jemaah ponpes tersebut mendukung Jokowi menjadi Presiden.

Jejak digital Pesantren Shiddiqiyyah dukung Jokowi saat Pilpres 2014 itu diunggah pengguna Twitter JebuelMania900, seperti dilihat pada Senin 11 Juli 2022.

Diketahui, nama Pesantren Shiddiqiyyah saat ini tengah menjadi sorotan publik usai anak dari kiai pengasuh ponpes yang berlokasi di Jombang Jawa Timur itu diduga terlibat kasus pencabulan terhadap santriwati.

Dalam narasi unggahannya, netizen pengunggah jejak digital Pesantren Shiddiqiyyah tersebut mengatakan bahwa lima juta jemaah Shiddiqiyyah dukung Jokowi saat Pilpres 2014 silam.

“Lima Juta Jemaah Shiddiqiyyah Dukung Jokowi,” cuit netizen JebuelMania900.

Dilihat dari postingan netizen itu, tampak sebuah link artikel pemberitaan yang dimuat situs Tempo berjudul ‘Lima Juta Jemaah Shiddiqiyyah Dukung Jokowi’.

Melansir isi artikel pemberitaan yang terbit pada Juni 2014 itu, disebutkan bahwa dukungan kalangan ulama tasawuf kepada calon presiden Joko Widodo terus mengalir.

Kali ini, dukungan tersebut datang dari tarikat Shiddiqiyyah yang berpusat di Desa Losari, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tarikat ini juga memiliki pondok pesantren Majma’al Bahrain di Ploso, Jombang.

Jokowi datang menemui pemimpin (mursyid) tarikat Shiddiqiyah Kiai Muhammad Muchtar Mu’thi dan pengasuh pondok pesantren Majma’al Bahrain Kiai Masrukhan Mu’thi, Sabtu, 28 Juni 2014.

“Ada lima juta santri dan pengikut Shiddiqiyyah se-Indonesia yang insya Allah mendukung Jokowi,” kata Masrukhan.

Selain link artikel pemberitaan itu, netizen tersebut juga membagikan jejak digital Shiddiqiyyah berupa video saat Jokowi mendatangi pondok pesantren itu.

Pada tayangan video yang disiarkan Metro TV tersebut, tampak reporter stasiun televisi itu menyebut calon presiden nomor urut 2 yakni Jokowi baru saja tiba di Pesantren Shiddiqiyyah.

“Calon presiden nomor urut 2 Joko Widodo baru saja tiba di Pondok Pesantren Shiddiqiyyah. Terlihat antusias dan respon masyarakat Jawa Timur di sini begitu antusias menyambut kedatangan Jokowi,” ujar sang reporter.

Reporter itu pun kemudian mewawancarai Jokowi. Saat diwawancara, mantan Gubernur DKI itu mengaku senang bisa diterima dengan baik oleh pimpinan Pesantren Shiddiqiyyah.

“Alhamdulillah kami diterima oleh Kiai Mochtar di pesantren di sini. Alhamdulillah senang bisa diterima di pondoknya Kiai Mochtar,” ujarnya.