Jelajahi Belitung Selama 2 Hari? Begini Caranya

Wisata di Belitung. Sumber : kitamuda.id

Terkini.id, Belitung – Satu minggu adalah waktu standar untuk berlibur. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat ikonik tanpa meninggalkan rumah terlalu lama. Akan tetapi, bagaimana kalau waktumu lebih sempit lagi? Berkompromilah dengan berlibur selama dua hari. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat ikonik sejak tiba, bahkan sebelum memasuki hotel di Belitung.

Inilah kegiatan yang direkomendasikan untuk liburan dua hari di Belitung.

Hari 1
Pastikan kamu membeli tiket pagi untuk menikmati Belitung sejak hari pertama. Jika berhasil mendapatkan tiket pagi (tiba antara pukul 09.00 hingga 11.00), kamu bisa melakukan kegiatan seperti:

• Makan mi Belitung
Setelah mendarat di Bandara H. S. Hanandjoedin di Tanjung Pandan, kamu bisa mencari kedai mi Belitung. Hidangan ini terdiri dari mi telur dan kuah kental yang terbuat dari kaldu udang. Jangan lupa memesan minuman jeruk kunci sebagai penutup.

• Wisata Laskar Pelangi
Kunjungi tempat-tempat yang kini menjadi terkenal berkat novel dan film Laskar Pelangi. SD Laskar Pelangi dan Museum Kata Andrea Hirata bisa menjadi tujuanmu selanjutnya.

• Makan dan ngopi di Manggar
Setelah berjalan-jalan, saatnya menuju Manggar untuk mencicipi kedai kopi lokalnya. Kopi Robusta Manggar terkenal kuat dan mantap, namun tingkat keasamannya rendah. Jika hari sedang panas, pesanlah es kopi susu yang segar namun tidak terlalu manis.

• Wisata Pantai Burung Mandi
Berlokasi di Belitung Timur, Pantai Burung Mandi masih relatif sepi dan bersih. Keunikannya adalah adanya sebuah wihara di dekatnya yang berdiri di atas batu granit, bernama Wihara Kuan Im.

Tutup harimu dengan pergi ke Pantai Tanjung Pendam. Pantai ini merupakan lokasi melihat matahari terbenam yang terkenal. Area di sekitarnya dikelilingi hotel, restoran, dan galeri seni. Jika sudah booking hotel online, kamu bisa langsung beristirahat setelah melihat matahari terbenam di sini.

Hari 2
Kamu bisa berpusat pada wisata pantai dan pulau untuk hari kedua. Kegiatan yang direkomendasikan misalnya:

• Wisata Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang tidak hanya terkenal sebagai tempat pembuatan film Laskar Pelangi. Pantai ini memiliki gugusan karang yang mirip kepala burung jika dilihat dari sudut tertentu. Selain itu, airnya biru dan jernih dengan pasir putih, cocok untuk berenang.

• Snorkeling di Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang. Di sini, kamu bisa melihat mercusuar dari Zaman Belanda. Pantainya cocok untuk snorkeling karena sangat jernih.

• Wisata Kuliner Pulau Kepayang
Dari Pulau Lengkuas, kamu bisa langsung menuju ke Pulau Kepayang. Pulau ini memiliki fasilitas lebih lengkap, seperti penginapan dan restoran. Kamu bisa bermain atau snorkeling di pantai sebelum menikmati hidangan laut ala Belitung. Jangan lupa mencoba ikan bakar, gangan (sayur ikan kuah kuning), ketam isi, dan kerupuk ikan.

Sebelum kembali ke Pantai Tanjung Kelayang, sempatkan mampir di Pulau Burung. Pulau kosong seluas sekitar dua hektar ini memiliki gugusan batu mirip burung. Pantainya yang jernih dan suasananya yang sepi cocok untuk bersantai. Semua kegiatan ini bisa Anda lakukan dengan menyewa perahu nelayan di Pantai Tanjung Kelayang.

Akomodasi untuk Wisata Belitung
Temukan akomodasi terbaik untuk liburan singkatmu lewat aplikasi Airy Rooms. Dapatkan berbagai pilihan kamar berfasilitas lengkap, misalnya AC, Wi-Fi, dan kamar mandi dengan pancuran air panas. Harga yang tersedia cukup bersaing dan tidak mengandung biaya tersembunyi. Jadikan Airy sebagai solusi merencakan liburan singkat tetapi berkesan di Belitung.

Berita Terkait