Jelang HUT ke-73 RI, Pemda Barru Lakukan ini

Ketua panitia pelaksana Barru ekspo 2018, Syamsir

Terkini.id, Barru – Pemerintah Kabupaten Barru, dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 73 di Kabupaten Barru, dengan mengagendakan pelaksanaan Barru Ekspo 2018.

Ketua panitia pelaksana Barru Ekspo 2018, Syamsir, mengatakan, kegiatan Barru ekspo biasanya dilaksanakan bertepatan pada pelaksanaan hari lahir Kabupaten Barru, yang jatuh pada Februari, namun pada tahun 2018 ini kesibukan pada acara tersebut, sehingga kemudian diundur pada bulan Agustus dan dirangkaikan dengan perayaan HUT RI.

“Karena pada perayaan HUT Barru kemarin pada februari acara terlalu padat, sehingga Barru ekspo ini tidak bisa dilaksanakan, baru kemudian akan dilaksanakan bertepatan pada perayaan HUT RI yang ke 73 tahun 2018,”katanya,.

Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Barru ini, mengatakan, untuk pelaksanaan acara Barru Ekspo tersebut, rencananya akan dilaksanakan pada 4 sampai 11 Agustus mendatang.

“Kita akan laksanakan selama 8 hari yang dimulai pada tanggal 4 Agustus dan baru akan berakhir pada 11 Agustus, untuk lokasi acara sendiri akan dipusatkan di tengah kota, tepatnya di alun-alun Kabupaten Barru,”ujarnya.

Pada acara tahun ini, kata Syamsir, pihaknya akan menghadirkan beberapa kegiatan spesial nantinya, diantaranya hadirnya stand pameran OPD, kecamatan, Instansi vertikal, BUMN, dan organisasi masyarakat.

“Kita juga bakal siapkan pasar malam yang menjadi arena jajanan masyarakat Barru, sekaligus berkunjung kebeberapa stand nantinya, selain itu juga kita bakal hadirkan stand yang diperuntukan khusus produk lokal Barru, yang terdiri atas produk kuliner dan lainnya,”ungkapnya.

Syamsir menambahkan, pada acara itupun bakal dihadirkan panggung hiburan bagi masyarakat Barru, dimana panggung hiburan ini akan diisi dengan berbagai acara lomba yang akan ditampilkan di atas panggung tersebut.

“Jadi nanti juga bakal ada panggung hiburan, yang diisi beberapa agenda acara dan perlombaan, yakni seni tradisional seperti tarian dan kecapi, lomba karaoke lagu religi, fashion show, penampilan band lokal Barru, dan lomba lagu daerah,”pungkasnya.

Dia menambahkan, selain itu dirinya juga bakal mengisi Barru ekspo tersebut dengan beberapa acara lomba khas daerah Kabupaten Barru.

“Nanti juga bakalan ada lomba tradisional seperti balap karung, tarik tambang, lomba mewarnai, lomba kelereng, dan beberapa perlombaan lainnya,”urainya.

Adapun penampilan yang bakal menjadi penampilan istimewa nantinya, yang akan menghibur para pengunjung ekspo Barru ini, yakni hadirnya sere api yang merupakan kesenian khas warga Desa Gattereng, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, selain itu juga akan ada kesenian khas dari desa Bulo-bulo.

“Kami juga bakal hadirkan dua kesenian dari dua Desa yang ada di Kecamatan Pujananting, yakni kesenian sere api dari Desa Gattareng, dan keseniah khas Desa Bulo-bulo,”jelas Mantan Camat Pujananting ini.

Syamsir mengatakan, untuk Sere Api dari Desa Gattareng, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari Kepala Desa terkait, mengingat karena beberapa persyaratan yang harus dilaluinya.

“Jadi untuk Sere Api Gattareng ini sendiri, biasanya mendapatkan pantangan dan tidak bisa dilakukan masyarakat belum melakukan Panen Padi,”ungkapnya.

Komentar

Rekomendasi

Selama Tiga Bulan ke Depan, Barru Tiadakan Retribusi Jasa Umum

Bersama Dandim dan Kapolres, Bupati Barru Keliling Imbau Warga Perangi Corona

Bersama Dandim dan Kapolres, Bupati Barru Keliling Imbau Warga Perangi Corona

Bupati Barru Ingatkan Semua Kades Lebih Serius Perangi Corona

Selain UN Dibatalkan, Proses Belajar Siswa di Barru Tetap di Rumah hingga 18 April

Rapat Forkopimda, Akses Keluar-Masuk di Barru Dibatasi dan Makin Diperketat

Update Covid-19 di Barru, ODP Kembali Berkurang Jadi 52

Lewati Masa Pemantauan, 5 ODP di Barru Tak Terjangkit Corona

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar