Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Parepare Diperiksa

Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) melakukan pemeriksaan hewan qurban.

Terkini.id, Parepare – Jelang hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) melakukan pemeriksaan hewan qurban di salah satu kandang peternakan sapi di Kota Parepare, Sulawesi selatan, Rabu 7 Agustus 2019.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Parepare, Rostina mengatakan pemeriksaan hewan ini dilakukan untuk memastikan kelayakan hewan untuk qurban.

“Pemeriksaan secara bersama ini dilakukan untuk mengecek apakah sapi qruban ini sesuai dengan persyaratan,” terang dia, Rabu 7 Agustus 2019.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, pihak Dinas PKP tidak mendapatkan hewan yang tidak layak dan telah memenuhi persyaratan.

“Alhamdulillah sapi yang kita periksan ini semua sudah layak untuk dijadikan hewan qurban,” pungkasnya.

Dokter Hewan, Nurdin menjelaskan kriteria kelayakan hewan untuk kurban yaitu hewan sehat.

“Untuk mengetahui layak atau tidaknya hewan untuk kurban, yang pertama, hewan tersebut harus cukup umur yang ditandai dengan pergantian gigi seri, sehat dan tidak menunjukkan gejala lumpuh atau pincang,” jelasnya.

Selain itu, hewan juga tidak dalam keadaan buta dan harus dalam keadaan gemuk. Terlebih hewan tersebut memiliki sertifikat

“Kami berharap kepada masyarakat yang ingin membeli hewan kurban untuk membeli hewan yang sudah bersertifikat atau sudah ber SK, itu menandakan hewan qurban sudah diperiksa dari dinas terkait,” tutupnya.
(Irsal Masudi)

Berita Terkait