Jelang kehamilan, para ibu hamil ikuti Birth Preparation @your_midwife

Jelang kehamilan, para ibu hamil ikuti Birth Preparation @your_midwfe

Terkini.id, Makassar – Persalinan normal atau natural birth adalah harapan dari semua ibu hamil (bumil) yang sedang menunggu kelahiran si buah hati.

Namun secara kenyataan, masih banyak bumil menjalani masa persalinan dengan attittude yang salah. Bahkan seringkali dalam menghadapi persalinannya, bumil dan pasangan bersikap pasrah.

Menyikapi hal tersebut, komunitas @your_midwife menggelar “Birth Preparation Batch 3” di Lariz Hotel, Jalan Lagaligo Makassar. Minggu, 29 April 2018.

Kegiatan ini digelar @your_midwife sebagai wadah guna menyampaikan kepada para bumil bagaimana menghadapi masa persalinan dengan attitude yang baik dan benar.

Birth Preparation @your_midwife

“Persalinan dimulai di umur 38 minggu usia kehamilan. Kontraksi biasanya berlangsung dari 30 menit sampai sejam. Yang harus dilakukan oleh bunda di masa kontraksi salah satunya adalah yoga,” ungkap Eggy Widya Larasati, saat menyampaikan materinya dihadapan 15 bumil yang mengikuti kegiatan ini.

Menarik untuk Anda:

Bidan dan Dosen Akbid di Pelamonia ini juga menyampaikan penanganan yang benar bagi bumil saat terjadi kondisi dimana perut sang bumil tiba-tiba sakit atau mules.

“Kalau sang bunda lagi mules, make something better. Misal kalau bunda lagi sakit di bagian belakang, lakukan pijatan di bagian pinggang sambil menekan,” himbaunya.

Yoan Putri Praditya selaku pengurus @your_midwife mengatakan, tujuan persiapan persalinan yakni bagaimana cara suami mendampingi istrinya pada saat persalinan untuk memberi rasa nyaman dan mengurangi rasa sakit.

“Selain yoga, sebam hamil, berenang, dan Pilates juga adalah salah satu bentuk senam hamil yang bisa dilakukan oleh sang bunda,” lanjut Yoan.

Bidan dan Dosen di Akbid Pelamonia ini memaparkan bahwa kegiatan Birth Preparation dilaksanakan oleh your_midwife dalm rentang waktu sekali dalam sebulan.

“Tidak ada batasan usia, tapi idealnya kehamilan di atas 20 minggu sudah bisa melakukan Yoga. Kalau dibawah 20 minggu hanya bisa mengikuti materinya saja,” paparnya.

Birth Preparation @your_midwife

Yoan juga mengungkapkan keluhan yang sering dihadapi oleh bumil pada masa persalinan adalah keluhan-keluhan fisik seperti sakit punggung, insomnia, rasa cemas dan takut.

“Keluhan-keluhan itu kita healing dengan yoga. Dengan yoga mereka bisa lebih percaya diri dan berani,” ujar Yoan.

Wanita kelahiran Kolaka ini berharap semoga kegiatan ini bisa memberi pengetahuan maupun dampak psikis yang baik kepada para peserta agar nantinya mereka memilki persiapan yang baik menjelang proses kehamilan.

“Karena yang mau datang ini bukan sekedar bayi, tapi “tamu agung” yakni calon Khalifah,” pungkas Yoan Putri.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Rakerwil KBIHU Sulsel, Harap Tingkatkan Kualitas Pelayanan Bimbingan Ibadah Haji

Upgrade Skill Relawan Pendidikan, RPI Gelar Training of Trainer

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar