Jelang masuk PTN, UNHAS tidak kerjasama dengan Bimbel manapun. Ini alasannya

Unhas

Terkini.id, Makassar – Akhir-akhir ini banyak beredar di tengah masyarakat informasi yang menyebutkan lembaga atau organisasi tertentu menyelenggarakan bimbingan belajar dan mengklaim telah kerja sama dengan kampus Universitas Hasanuddin (UNHAS).¬† Berkaitan hal tersebut, ¬†pihak UNHAS melalui Kepala Unit Humas dan Protokoler Universitas Hasanuddin, Ishaq Rahman saat dihubungi MAKASSAR TERKINI mengatakan saat ini UNHAS tidak menjalin kerjasama dengan pihak bimbingan belajar manapun. “Kami ingin menyampaikan beberapa hal dan alasan terkait adanya rumor kerjasama dengan bimbingan belajar. Jadi sekali lagi kami sampaikan UNHAS tidak melakukan kerjasama dengan pihak Bimbel manapun sejak dulu”, ujar Ishaq.

Berikut alasan yang disampaikan pihak kampus UNHAS sebagai berikut:

  1. Bahwa sebagai perguruan tinggi negeri (dengan status Badan Hukum), Unhas tunduk dan patuh pada proses dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru yang ditetapkan secara nasional melalui kebijakan pemerintah, dimana penerimaan itu telah memiliki jalur-jalur tertentu yang diawasi secara ketat, yaitu Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, dan Jalur Mandiri.
  2. Bahwa minat untuk menjadi mahasiswa Unhas relatif tinggi setiap tahunnya. Sebagai gambaran, pada tahun 2017, terdapat sekitar 128.000 tamatan SMA yang memilih Unhas, namun hanya sekitar 5.300 (atau 4,8%) saja yang dapat diterima, sesuai daya tampung yang tersedia.
  3. Bahwa Unhas tidak memiliki afiliasi, kerja sama, atau keterlibatan secara institusi dengan lembaga bimbingan belajar (atau sejenisnya) manapun, yang bertujuan membantu atau memudahkan calon-calon mahasiswa yang ingin masuk Unhas. Secara kelembagaan, Unhas juga tidak melakukan kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan hal tersebut, baik dalam bentuk konseling, bimbingan belajar, atau try out.
  4. Bahwa Unhas memiliki beberapa fasilitas penginapan (akomodasi) yang dapat disewa oleh masyarakat, sesuai dengan ketentuan yang telah diatur secara profesional. Namun demikian, Unhas tidak mengijinkan penggunaan fasilitas di lingkungan kampus (baik ruang pertemuan, ruang kelas, dan fasilitas lainnya) untuk kegiatan bimbingan belajar, bimbingan test, try out (dan sejenisnya).
  5. Bahwa kegiatan sosialisasi masuk perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh Unhas merupakan kegiatan resmi berupa sosialisasi dan promosi tentang mekanisme dan prosedur berkaitan tata cara mengikuti seleksi, jalur yang tersedia, daya tampung, dan hal-hal terkait lainnya. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang terkoordinasi secara kelembagaan.

Kelima point tersebut di atas yang diterima redaksi MAKASSAR TERKINI agar disampaikan kepada masyarakat, untuk menjadi perhatian.

Berita Terkait
Komentar
Terkini