Jelang Pemilu 2019, Bank di Sulsel Edarkan Rp1,6 Triliun Uang Tunai

BI Bank Indonesia, Bambang Kusmiarso didampingi Amanlison Sembiring (kedua kiri) dan Johnson Pasaribu saat konferensi pers di Kantor BI Sulsel Jalan Jend Sudirman, Senin 6 Mei 2019.(terkini.id/hasbi)
Bambang Kusmiarso didampingi Amanlison Sembiring (kedua kiri) dan Johnson Pasaribu saat konferensi pers di Kantor BI Sulsel Jalan Jend Sudirman, Senin 6 Mei 2019.(terkini.id/hasbi)

Terkini.id, Makassar – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan mencatat mobilisasi uang jelang Pemilu 2019 yang cukup besar.

Jika melihat angka cashflow uang tunai pada bulan Maret atau sebulan jelang Pemilu 2019, bank-bank di Sulsel mencatat cash outflow (uang keluar) sebesar Rp1,60 triliun satu sebulan.

Selama Maret itu juga, BI Sulsel mencatat cash inflow (uang masuk) ke kas bank-bank di Sulsel sebesar Rp1,18 triliun.

“Dengan demikian, terjadi net ouflow sebesar Rp 412 miliar,” terang Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso saat konferensi pers Senin 6 Mei 2019 lalu.

Net outflow sebesar Rp 412 miliar tersebut bisa jadi mengindikasikan besarnya penarikan uang jelang Pemilu.

“Kebutuhan dana ini mungkin untuk cetak baliho, ATK, percetakan brosur dan keperluang kampanye lainnya. Tapi kami melihat banyak juga (penarikan uang) untuk keperluang pertanian di daerah-daerah,” terang Direktur KPW BI Sulsel Amanlison Sembiring.

Transaksi Uang Tunai Selama Triwulan I 2019

Bank Indonesia Sulsel juga mencatat, Jumlah uang kartal yang masuk (cash inflow) selama triwulan I 2019 sebesar Rp.6,49 triliun.

Sementara uang kartal yang keluar (cash outflow) sebesar Rp 2,47 triliun.

“Net Inflow tersebut dikarenakan tingginya aliran uang yang masuk dari perbankan pada awal tahun atau pasca Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” terang Amanlison lagi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Kerusuhan 22 Mei, Enam Orang Tewas

Terkini.id, Jakarta - Apa yang menjadi kekhawatiran banyak pihak pada 22 Mei 2019 benar-benar terjadi.Pihak pemerintah mencatat, sudah 6 orang tewas akibat kerusuhan yang