Jelang Penetapan DCT, Polres Pangkep dan KPU Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Terkini.id, Pangkep – Kepolisian Resort Pangkep bersama KPU Pangkep menggelar saosialisasi dan deklarasi kampanye damai pemilu 2019. Kegiatan yang diikuti seluruh partai politik ini digelar di alun-alun Lapangan Citra Mas Kabupatej Pangkep, Minggu 16 September 2018.

Selain pimpinan parpol, hadir juga anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), bakal caleg dari seluruh parpol serta jajaran KPU dan Bawaslu tingkat kecamatan dan lurah/desa. Kegiatan deklarasi damai ini ditandai pembacaan pakta integritas pemilu damai serta penandatanganan spanduk deklarasi damai oleh seluruh peserta yang hadir.

Ketua KPU Pangkep Burhan mengatakan, kegiatan ini diharapkan mendorong terwujudnya pemilu yang bermartabat. Untuk itu, Burhan berjanji sebagai penyelenggara, KPU Pangkep akan berlaku adil bagi seluruh peserta pemilu.

“Kita berharap kegiatan ini melahirkan pemilu yang aman, damai, berintegritas, demokratis dan bermartabat,” kata Burhan.

Burhan membeberkan sejumlah perbedaan pemilu kali ini dengan sebelumnya diantaranya persoalan pelaporan dana kampanye yang lebih ketat serta pengaturan bahan kampanye.

Kapolres Pangkep AKBP Tulus Sinaga mengtakan, dengan kehadiran seluruh pihak yang berkepentingan dalam pemilu, ia berharap komunikasi dan koordinasi semakin terjalin dengan baik. Ia berharap kegiatan ini bukan hanya dimaknai sebagai seremoni belaka.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dimaknai seremonial saja. Apalah artinya kemenangan kalau mengorbankan teman, sahabat dan daerah kita,” ucapnya.

Salah satu pimpinan parpol, Ketua DPD Partai Pelindo Kabupaten Pangkep, Markarma menyambut positif kegiatan ini. Ia berharap pemilu 2019 berlangsung aman damai dan tanpa kecurangan. Ia mengimbau kepada seluruh caleg untuk menjalankan komitmen deklarasi kampanye damai pemilu ini.

“Khusus untuk caleg Partai Perindo, saya imbau untuk tidak curang karena harapan kita semua pemilu 2019 berlangsung aman dan damai,” pungkasnya.

Kegiatan ini sengaja digelar menjelang penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada 20 September mendatang dan diikuti jadwal kampanye yang dimulai 23 September.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Politik

DPD I Golkar Sulsel Bakal Gelar Musda ke-IX

Terkini.id -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sulsel bakal menggelar Musyawarah daerah (Musda) ke-IX, di Novotel Grand Syaila, Makassar, 26-27 Juli 2019.Pelaksanaan ini