Jelang Pileg 2019, IRI Bekali Bacaleg Perempuan di Sulsel

Jelang Pileg 2019, Puluhan Bacaleg Perempuan ikut pelatihan International Republican Institute (IRI).

Terkini.id, Makassar – Dalam rangka meningkatkan keterwakilan perempuan di parlemen pada Pileg 2019 mendatang, International Republican Institute (IRI) memberikan pelatihan dan pembekalan kepada puluhan Bakal Caleg (Bacaleg) Perempuan dari 16 partai politik yang mengusung caleg perempuan se Sulawesi Selatan.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari di hotel Santika Makassar jalan Sultan Hasanuddin mulai hari ini Kamis hingga Jumat, 3 Agustus 2018 besok.

“Pesertanya dari Bacaleg perempuan utusan dari 16 partai politik yang akan bertarung di Pileg 2019. Sedikitnya ada 60 orang peserta yang hadir dalam pelatihan ini,”ujar Assistant Program Officer IRI, Ika Wahyu Priaryani saat dihubungi Makassar Terkini, Kamis 2 Agustus 2018.

Lanjut Ika menjelaskan, acara tersebut memang sudah menjadi program dari International Republican Institute (IRI) untuk Politik Perempuan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan representasi perempuan dalam Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

Bacaleg Perempuan ikut pelatihan IRI.

“Di sini mereka menerima sejumlah materi terkait strategi pemenangan Pemiliha Legislatif mendatang”, ujarnya.

Sejumlah materi diberikan kepada seluruh peserta. Untuk hari pertama ini mereka menerima materi seperti Memahami Peraturan Terkini yang dibawakan langsung Ketua KPU Sulsel, Misnah Attas, Tata Cara Rekruitmen dan Manajemen Relawan dibawakan langsung oleh Salma Tadjang dari LSKP.

Dan di hari kedua para peserta akan menerima materi dari Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi tentang bagaimana pengawasan pemungutan dan perhitungan suara dan pengawalan suara dan juga ada beberapa materi lainnya.

“Intinya para Bacaleg perempuan utusan partai politik yang ikut di pelatihan ini akan diberikan trik dan tips untuk caleg perempuan. Sesuai dengan temanya menang bersama perempuan menuju pemilu 2019,”tambah Ika.

Sejumlah Bacaleg perempuan dari 16 partai politik baik untuk kabupaten, kota maupun untuk provinsi turut antusias mengikuti pelatihan dari IRI tersebut.

Sebut saja, Murniati, S.Ag salah seorang Bakal Caleg DPRD Provinsi Dapil V meliputi Kabupaten Bulukumba dan Sinjai dari Partai Bulan Bintang (PBB) mengatakan dirinya berharap dengan ilmu yang dibekalkan pada pelatihan ini bisa diaplikasikan.

“Sesuai dengan temanya, yakni mnang bersama perempuan pada pemilu 2019. Pastinya kami berharap menjadi pemenang di masing masing dapilnya termasuk saya sebagai peserta kontestan caleg dapil Propinsi,”ujar perempuan peraih penghargaan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo atas pengabdiannya dalam pembangunan bidang keagamaan di Sulawesi Selatan ini.

Puluhan Bacaleg Perempuan ikut pelatihan International Republican Institute (IRI).

Selain Murni, salah satu peserta pelatihan IRI lainnya yakni Andi Syahruni Aryanti bacaleg NasDem mengatakan ini sangat penting bagi perempuan untuk mengetahui segala sesuatu mengenai pemilu 2019, mulai peraturan pemilu, pengawasan dan pengawalan suara dan manajemen saksi agar perempuan mampu mengawal suaranya dan meminimalisir potensi kecurangan yang sering d alami perempuan dalam setiap pemilu.

“Suara perempuan gampang dicurangi dan berpindah ke caleg laki laki karena pengawasan dan pengawalan suaranya ke TPS tidak sampai,”papar Uni begitu panggilan akrab Andi Syahruni Aryanti.

Bacaleg perempuan lainnya berasal dari Partai Demokrat turut berkomentar terkait pelatihan yang diselenggarakan IRI. Sebut saja Mismayal Khaerat Bacaleg DPRD Kota Makassar mengatakan di sini kami berkumpul untuk mendapatkan ilmu strategi pemenangan pemilu 2019 .

“Materi yang disajikan sangat relevan dengan kebutuhan calon legislatif dimana panitia menghadirkan Ketua KPU Sulsel, Bawaslu Sulsel, dan berbagai pemateri lainnya,”ujar Maya yang juga mantan Jurnalis ini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini