Jelang Ramadan, Pemkab Barru Bersama Ormas Keagamaan Sepakati Maklumat

Pemkab Barru
Bupati Barru Suardi Saleh

Terkini.id, Barru – Masih mewabahnya Virus Corona atau Covid-19 membuat Pemerintah Kabupaten Barru, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Barru, bersama pemuka Agama dan juga Organisasi Masyarakat Keagamaan di Kabupaten Barru sepakat menanda tangani Maklumat bersama dalam rangka pelaksanaan Ibadah selama bulan Suci Ramadan, Kamis, 23 April 2020.

Bupati Barru, Suardi Saleh, mengatakan, dengan adanya maklumat yang ditanda tangani bersama dengan Pemerintah, Forkompinda dan juga Ormas keagamaan di Kabupaten Barru, menjadi bentuk komitmen bersama dalam mewujudkan ibadah yang sehat dan terhindar dari wabah tersebut.

“Semoga dengan adanya maklumat kita kemudian kita bisa bersama-sama menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan juga kita bisa kerjasama dalam mewujudkan Parepare tetap bersih dari Virus Corona,” tandasnya.

Berikut Isi Maklumat Bersama:

Dengan senantiasa mengharapkan Hidayat, Taufiq, Rahmat, dan Inayah Allah SWT, demi keselamatan kita bersama dari wabah Covid-19. Berdasarkan surat edaran Menteri Agama RI, Nomor SE 6 tahun 2020, fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14 tahun 2020 dan taushylah MUI Nomor Kop 1065/DP-MUI/IV/2020, Maklumat Kapolri Nomor MAK/2/11/2020, Surat edaran Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 450/2245/ Bagian Kesra/2020, dan himbauan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 26/DP.P.XXI/IV/2020.

Baca juga:

Maka Pemerintah Daerah Barru, Ketua DPRD, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Barru, Ketua pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama bersama Kementerian Agama, Dewan Masjid Indonesia, FKUB , PC NU, DPD Wahdah Islamiyah, dan PD Muhammadiyah, Mempermaklumkan:

1. Umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan dengan baik dan benar berdasarkan ketentuan agama.

2. Pelaksanaan shalat Jum’at dan shalat berjamaah di masjid diganti dengan shalat dhuhur dan shalat berjamaah ditempat tinggal masing masing, sampai kondisi sudah normal berdasarkan penetapan dari institusi pemerintah yang berwenang untuk itu.

3.Buka puasa dilaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga inti. Tidak perlu sahur on the road atau iftar.

4. Melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah di rumah masing-masing bersama keluarga inti.

5. Melaksanakan Tadarus Al Qur’an di rumah masing-masing berdasarkan perintah Rasulullah SAW untuk menyinari rumah dengan Tilawah Al Qur’an.

6. Tidak melaksanakan buka puasa bersama baik di lembaga pemerintahan, Lembaga Swasta, Masjid maupun Mushola.

7. Tidak melaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an dalam bentuk tabligh dengan menghadirkan penceramah dan massa dalam jumlah besar baik di lembaga pemerintahan, lembaga swasta, masjid maupun mushola.

8. Tidak melaksanakan lomba-lomba seperti MTQ, Lomba Qasidah, Lomba Azan, Pidato, Cerdas Cermat dan semisalnya dalam rangka memeriahkan Amaliyah Ramadhan.

9. Tidak melakukan i’tikaf 10 (sepuluh) malam terakhir di bulan Ramadhan di masjid/mushollah, yang menghadirkan jamaah jumlah banyak.

10. Pelaksanaan Shalat idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjamaah baik di masjid atau di Lapangan ditiadakan, kecuali jika pada saatnya Virus Corona dianggap berhenti yang disampaikan oleh yang berwenang.

11. Agar tidak melakukan kegiatan: Tarawih Keliling Takbiran Keliling (cukup dilakukan di masjid/mushallah saja) Pesantren Kilat (kecuali melalui media elektronik).

12. Pelaksanaan pengumpulan zakat untuk dilaksanakan dengan cara meminimalkan kontak langsung seperti dengan cara penjemputan atau transfer perbankan serta penyaluran zakat harus dilaksanakan dengan baik tetapi tidak menggunakan metode kupon karena berpotensi menimbulkan berkumpulnya kerumunan massa.

Maklumat ini berakhir setelah kondisi pandemi (Covid-19) dinyatakan sudah tidak ada lagi sesuai keputusan dan ketetapan pihak berwenang.

Demikian Maklumat ini di sampaikan untuk diindahkan dan dilaksanakan sebagaimana semestinya.

Yang bertanda-tangan; Bupati Barru, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kemenag, Ketua PC NU, PD Muhammadiyah, Ketua DMI, Ketua FKUB, dan Ketua DPD Wahdah Islamiyah.

Komentar

Rekomendasi

Satu Santri Asal Barru Sembuh dari Corona, Langsung Diantar Bupati Pulang Kampung

7 Warga Barru Terjangkit Corona Kini Negatif di Swab Test Pertama

Tak Tersentuh Bansos Pemerintah, Warga Barru Ini dapat Bantuan dari AJB

Barru Zona Merah, Gurutta Faried Wadjedy Tandatangani Peniadaan Shalat Id di Masjid

Tujuh Warga Barru Terkonfirmasi Covid-19, Bupati Semangati Lewat Virtual

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar