Jemaat Katedral Ditembaki Saat Duduk Berdoa, 5 Tewas

Terkini.id – Pria bersenjata menembaki para jemaat misa di gereja katedral Katolik di kota Campinas, Brazil, pada Selasa waktu setempat. Lima orang tewas, termasuk pelaku penembakan.

Pelaku penembakan terakhir tewas karena bunuh diri ketika polisi beraksi. Para korban ditembak di bangku saat berdoa.

Polisi menyampaikan, pria bersenjata yang melakukan penembakan itu teridentifikasi bernama Euler Fernando Grandolpho.

Euler Fernando melancarkan serangan pada akhir misa tengah hari di Katedral RC Metropolitan dari Our Lady of the Conception di Campinas, sebuah kota dekat Sao Paulo.

Euler menembak dan bunuh diri setelah melepaskan tembakan.

Polisi mengatakan, pria tersebut tidak memiliki catatan kriminal, dan tidak ada motif yang jelas kecuali kegilaannya sendiri.

Saksi mata mengungkapkan bahwa pria bersenjata tersebut telah bergabung dalam upacara itu dan duduk di bangku sebelum tiba-tiba, tanpa peringatan, mengeluarkan pistol.

Seorang saksi mata, Pedro Rodrigues, yang berada di dalam katedral, mengaku melihat Euler berdiri dan memposisikan dirinya di depan pasangan. “Kemudian dia menembak dari jarak dekat pada pasangan itu. Pria itu terus menembak; ada banyak tembakan.”

Walikota Campinas menyatakan tiga hari berkabung atas insiden tersebut.

Sebuah pernyataan dari keuskupan agung Sao Paulo menyampaikan, dalam masa kudus Advent ini, mempersiapkan Natal Yesus Kristus, Raja Damai, penting bagi orang Kristen untuk meningkatkan doa untuk perdamaian.

“Dengan gerakan konkrit persaudaraan, rekonsiliasi, dan cinta.”

Presiden terpilih Brasil, Jair Bolsonaro, menggambarkan penembakan itu sebagai “kejahatan biadab”, dan menyatakan berbelasungkawa kepada para korban dan orang-orang yang mereka cintai.

Berita Terkait
Komentar
Terkini