Jika Tidak Ingin Berjerawat Baiknya Kurangi Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Terkini.id, Jakarta – Jerawat adalah ganguan pada kulit yang umumny disebabkan oleh produksi minyak (sebum) misalnya pada wajah secara berlebih. Pola makan cukup mempengaruhi munculnya jerawat, berikut ini akan diulas jenis makanan yang sebaiknya dikurangi untuk dikonsumsi jika tidak ingin berjerawat.

dilansir dari senka.id, berikut 5 jenis makanan yang menyebabkan munculnya jerawat.

1. Junkfood dan Fastfood atau makanan siap saji.

Baca Juga: Ternyata! Masalah Jerawat Bukan Hanya Hormonal, 5 Makanan Inilah yang...

 Riset dari Journal of the European Academy of Dermatology yang mengatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan cepat saji memiliki 24% risiko lebih besar terkena jerawat dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

2. Susu dan Produk Olahannya.

Baca Juga: Modus Hilangkan Jerawat di Wajah, Pria Ini Nekat Curi Celana...

Susu dan produk olahannya seperti keju, yogurt, hingga es krim memang dikenal memiliki tinggi vitamin dan berperan sebagai sumber kalsium bagi tubuh, tetapi juga mampu meningkatkan hormon insulin dan IGF-1 yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada kulit.

3. Makanan Tinggi Lemak Trans dan Omega-6.

Tdak seimbangnya asam lemak omega-6 dengan omega-3 dapat memicu peradangan pada tubuh sehingga memunculkan jerawat di kulit. Contoh dari makanan tingi lemak trans dan omega-6 ini adalah minyak jagung, minyak kedelai, mayonais dan mentega.

Baca Juga: Modus Hilangkan Jerawat di Wajah, Pria Ini Nekat Curi Celana...

4. Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat Olahan

Makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan seperti nasi putih, pasta, mie instan atau minuman bersoda dinilai dapat memicu peradangan pada tubuh dan memproduksi minyak berlebih yang akhirnya memicu tumbuhnya jerawat pada kulit wajah dan tubuh.

5. Makanan yang Sensitif pada Kulit

Walaupun tidak ada daftar tertentu makanan apa saja yang sensitif di kulit, namun ada baiknya menghindari makanan yang terlalu asam, pedas, dan makanan dengan tambahan pewarna karena biasanya termasuk ke dalam makanan yang menyebabkan jerawat muncul di kulit wajah atau tubuh.

Bagikan