Jimmy Lai Ditangkap Polisi Hongkong

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Jimmy Lai ditangkap oleh pihak kepolisian akibat melanggar Undang-undang keamanan Nasional

Terkini.id, Makassar – Lai Chee Ying dikenal secara profesional sebagai Jimmy Lai, adalah seorang pengusaha Hong Kong.

Dia mendirikan Giordano, pengecer pakaian Asia, Next Digital sebelumnya Next Media, perusahaan media yang terdaftar di Hong Kong, dan surat kabar populer Apple Daily.

Jimm Lai adalah salah satu kontributor utama kubu pro demokrasi, khususnya Partai Demokrat.

Jimmy Lai, telah didakwa melakukan perkumpulan dan intimidasi ilegal.

“Jimmy Lai ditangkap karena kolusi dengan kekuatan asing saat ini,” tulis Mark Simon, seorang kolega Jimmy melalui akun Twitter miliknya.

Menarik untuk Anda:

Seorang polisi mengatakan Jimmy ditangkap atas tuduhan berkolusi dengan kekuatan asing, salah satu pelanggaran setelah pemberlakuan UU keamanan nasional.

Selain itu, ia juga dituduh melakukan penipuan.

Penangkapan Jimmy Lai dilakukan sejak pemberlakuan undang-undang kontroversial tersebut pada awal Juli lalu.

Perintah penangkapan tersebut dikeluarkan setelah Hong Kong menganggap para aktivis pro demokrasi melanggar undang-undang.

Laporan yang beredar mengatakan keenam aktivis dicari karena menyebarkan hasutan untuk memisahkan diri dan tindakan bersekongkol dengan kekuatan asing.

Polisi dilaporkan sempat berbicara kepada Lai pada 2018 tentang insiden pertikaiannya dengan seorang jurnalis, tetapi penyelidikan tidak berlanjut.
 
Menurut laporan Apple Daily Jumat 28 Februari 2020,  Jimmy Lai ditangkap di rumahnya dan dibawa ke kantor polisi Kowloon.

Pada hari Jumat 28 Februari 2020 Pukul 07:00 waktu setempat, petugas dari satuan perkara serius Kepolisian Hong Kong Island mendatangi kediaman Jimmy bos Next Digital, Lai Chee-ying untuk melakukan penyelidikan.
 
Kemudian pada pukul 08:00, Jimmy Lai dibawa polisi ke kantor polisi di Kowloon.
Jimmy Lai secara pidana dituduh terlibat dalam perkara meneror seorang jurnalis pria dari “Oriental Daily News” Hong Kong, yang pada saat itu tengah melakukan peliputan pada bulan Juni 2017.

Jimmy Lai juga didakwa terlibat dalam perkumpulan ilegal pada tahun 2019. Saat ditangkap polisi, Jimmy Lai terlihat memakai masker.

Tuduhan pertemuan terlarang tersebut berkaitan dengan dugaan kehadirannya dalam demonstrasi anti pemerintah yang dilarang pada 31 Agustus 2019.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

World Clean-up Day 2020 Enrekang Berlangsung Sukses

Hasil MotoGP Emilia Romagna 2020, Valentino Rossi Terjatuh

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar