Jokowi Datang, Kapal China Minggat dari Perairan Laut Natuna

Terkini.id, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi perairan Laut Natuna di Kepulauan Riau pada Rabu 8 Januari 2020.

Saat Jokowi datang, kapal-kapal China di perairan tersebut minggat dari Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di laut Natuna.

Hal itu diungkapkan Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi. Ia mengatakan, kapal nelayan dan penjaga pantai China telah keluar dari ZEE usai Jokowi mengunjungi Natuna.

Baca Juga: Nusantara Kurang Cocok, Fadli Zon Minta Ibu Kota Negara Baru...

“Lewat pengamatan TNI AU melalui udara, kapal-kapal China yang melakukan ilegal fishing sudah keluar dari ZEE kita setelah Presiden mengunjungi Natuna,” kata Siriadi kepada wartawan di Mabes TNI, Kamis, 9 Januari 2020.

Kunjungan presiden ke Natuna, kata Sisriadi, untuk memberikan pesan ke China bahwa Kepulauan Natuna merupakan wilayah kedaulatan Indonesia.

Baca Juga: Fadli Zon Beri Usulan ‘Jokowi’ Sebagai Nama Ibu Kota Baru,...

Pesan dari Jokowi itupun direspon oleh kapal-kapal China. Mereka langsung keluar dari ZEE Indonesia di wilayah perairan laut Natuna.

“Kunjungan Presiden ke Natuna untuk mengirim pesan dari pemerintah kita ke Beijing, dan saya kira pesan itu dibaca dengan cermat oleh Beijing,” ujar Sisriadi.

Kendati demikian, TNI tetap menggelar operasi rutin siaga di wilayah Natuna untuk mengantisipasi adanya klaim dari pemerintah asing..

Baca Juga: Fadli Zon Beri Usulan ‘Jokowi’ Sebagai Nama Ibu Kota Baru,...

“Kami tetap laksanakan instruksi Presiden, kemudian operasi TNI, karena itu sifatnya operasi rutin tetap kami lakukan. Untuk intenstasnya kami melihat situasi taktis di lapangan,”ujarnya.

Bagikan