Jokowi Disebut Kayak Firaun, Pendakwah Suparman: Bahasa Orang Mabok Agama

Terkini.id, Jakarta – Pendakwah kondang, Ustaz Suparman Abdul Karim menanggapi narasi tudingan dari orang-orang penentang pemerintahan saat ini yang menyebut Presiden Jokowi seperti Firaun.

Ustaz Suparman pun lewat videonya yang baru-baru ini viral di media sosial, menilai orang-orang yang menyebut Presiden Jokowi kayak Firaun itu sudah mabok agama.

Adapun video Suparman Abdul Karim tersebut viral usai diunggah pengguna Twitter RonaldLampard8, seperti dilihat pada Minggu 16 Januari 2022.

Baca Juga: Sebar Kabar Bohong Soal Paspampres dan Jokowi, Channel Kajian Online:...

Dalam narasi cuitannya, netizen itu meminta warganet untuk menyimak penjelasan Ustaz Suparman terkait narasi yang menyebut Jokowi seperti Firaun.

“Jokowi = Fir’aun Benarkah??? Ilusi Perang Badar di Indonesia, Simak Penjelasannya Ustadz Suparman Abdul Karim,” cuit netizen RonaldLampard8.

Baca Juga: Viral Foto Jokowi Bersama Lin Che Wei, Eko Widodo: Sudah...

Dilihat dari video itu, awalnya seorang host menanyakan ke Ustaz Suparman Abdul Karim terkait pendapatnya soal narasi yang menyebut Presiden Jokowi seperti Firaun.

“Sekarang ini lagi dibangun narasi bahwa Indonesia ini sudah pantas diangggap layak perang Badar, karena menurut narasi yang berkembang ini pemerintahnya zalim. Bahkan, ada juga narasi bahwa pemerintah saat ini bagai Firaun,” kata sang host.

Suparman pun menjawab bahwa sebenarnya pelaku yang menyebarkan narasi itu adalah orang-orang yang sudah mabok agama.

Baca Juga: Viral Foto Jokowi Bersama Lin Che Wei, Eko Widodo: Sudah...

“Ini sebetulnya framing-framing narasi begini sudah merupakan cara-cara sedeng (gila). Ini memang bahasa-bahasa yang digunakan orang yang mabok agama,” ujar Ustaz Suparman.

Ia pun mengaku geli mendengar narasi yang disebarkan orang-orang mabok agama itu lantaran seolah-olah mereka menganggap dirinya seperti Nabi Musa.

“Dikesankan pemerintah sekarang seperti Firaun. Jadi orang-orang yang menentang pemerintah tersebut dipersonifikasikan seperti Nabi Musa. Enak aja! Saya kadang geli,” ucapnya.

Menurutnya, Presiden Jokowi berbeda jauh dengan Firaun. Pasalnya, kata Ustaz Suparman, Firaun dosa besarnya adalah mengaku Tuhan. Sementara Jokowi, sama sekali tak pernah mengakui dirinya Tuhan.

“Dia sedang mengkhayal atau sedang apa kira-kira? Beda jauh dong, masa Pak Jokowi disamakan Firaun. Firaun itu apa dosa terbesarnya? Pertama dia ngaku Tuhan. Pernah gak dengar Pak Jokowi ngaku Tuhan? Gak pernah kan,” tegasnya.

Bagikan