Jokowi Dituding Sebar Hoax Soal Kunjungan Mahathir, Ini Kejadian Sebenarnya

Terkini.id – Presiden Jokowi dituduh menyebarkan hoax karena menyebut bahwa kunjungan Mahathir Mohamad ke Indonesia adalah kunjungan pertamanya sejak Mahathir jadi Perdana Menteri Malaysia.

Dalam postingan tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan, kunjungan Mahathir Mohamad ke Indonesia pada Jumat 29 Juni 2018, merupakan kunjungan perdana Mahathir ke luar Malaysia sejak menjadi perdana menteri baru Malaysia.

“Alasannya, Indonesia ini jiran terdekat dan memiliki hubungan kekeluargaan. ‘Ramai penduduk Malaysia dari Indonesia, termasuk bapak mertua saya’,” jelas Jokowi menirukan ungkapan Mahathir.

Kontan, postingan Jokowi itu menuai tudingan miring.

Hal itu karena kunjungan Mahathir yang pertama ke luar Malaysia sejak menjadi Perdana Menteri adalah ke Jepang.

“Mendramatisir peristiwa biasa dengan KEBOHONGAN sehingga menjadi seolah luar biasa inilah yang bikin keruh situasi…” tulis akun Suryo Prabowo.

Suryo mengutip postingan kabar bahwa Mahathir Mohamad pernah menghadiri lawatan ke Tokyo, Jepang, pada 10 Juni hingga 12 Juni guna menghadiri sidang NIKKEI ke-24.

Penjelasan Sebenarnya

Postingan Presiden Jokowi tidak salah, karena yang dimaksud adalah kunjungan bilateral pertama Mahathir ke luar negeri adalah Indonesia.

Pihak Istana Kepresidenan menyebutkan, Mahathir menegaskan kunjungan resmi pertama ke Indonesia. Sedangkan untuk agenda di Jepang, Mahathir dalam rangka memenuhi undangan konferensi dan bersifat kunjungan kerja.

Para pengkritik diminta untuk membedakan antara official atau bilateral visit dengan conference visit sebagai pembicara utama atau keynote speaker dalam suatu konferensi.

Sejumlah media internasional, termasuk media Malaysia, seperti Malaymail, menyebutkan, bahwa kedatangan Mahathir akan menjadi kunjungan bilateral pertama (bilateral visit) sejak dia menjadi Perdana Menteri.

“Kunjungan ke Indonesia merupakan kunjungan resmi pertama Bapak Mahathir sebagai PM Malaysia sejak dilantik bulan Mei 2018. Kunjungan ke Jepang itu undangan untuk menghadiri konferensi, diundang Nikkei. Jadi sifatnya kunjungan kerja,” jelas Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Nasional

Presiden Jokowi Salat Minta Hujan di Riau

Terkini.id, Riau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau dua lokasi kebakaran hutan dan lahan, di Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, dan Kecamatan Tambang, Kabupaten