Makassar Terkini
Masuk

Judas Amir Pimpin Upacara Pengibaran Bendera 17 Agustus di Palopo

Terkini.id, Palopo – Wali Kota Palopo, Drs.H.M. Judas Amir, MH., memimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih (HUT) ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di di Tribun Lapangan Pancasila Kota Palopo, Rabu 17 Agustus 2022. 

Wali Kota Palopo, HM.Judas Amir, bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan yang membacakan Teks Proklamasi yakni Ketua DPRD Kota Palopo Dr. Hj. Nurhaenih, S.Kp.,M.Kes. Wali Kota saat ditemui, sesaat setelah pelaksanaan upacara kemerdekaan mengatakan, pada peringatan HUT Indonesia ke- 77  ini, yang harus kita syukuri adalah perubahan yang lebih baik dalam pelaksanaan upacara kemerdekaan. Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Senada dengan tema HUT tahun ini, dengan harapan agar Indonesia bisa bangkit dari peristiwa yang telah terjadi selama dua tahun, yakni pandemi Covid-19.
” Sangat tertib dan mengesankan, nampak dari antusias warga yang menyaksikan Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan semoga kita selalu diberi kesehatan kekuatan oleh Allah SWT” kata Walikota.
Lanjutnya, “Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bukanlah rutinitas seremonial belaka, tapi didalamnya mengandung makna dan hakikat yang mengandung makna, minimal kita dapat melakukan kilas balik sejarah untuk menemukan jejak momentum yang menandai tahapan perjalanan negara ini,” ujarnya.

“Dengan semangat proklamasi kemerdekaan inilah, saatnya kita mempersatukan tekad dan potensi yang kita miliki untuk menjadikan Sulawesi Selatan menjadi lebih baik. Pembangunan daerah pelosok dan terpencil, dengan meningkatkan infrastruktur, produktifitas sumberdaya manusia.” 
Wali Kota juga menghaturkan rasa terima kasih kepada para Anggota DPRD Kota Palopo, para pemuka agama, para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, mahasiwa dan segenap jajaran Pemerintah Kota Palopo
Dalam pelaksanaan upacara detik-detik HUT Kemerdekaan RI ke- 77 di Kota Palopo bertindak sebagai Komandan Upacara pengibaran bendera Kapten Inf Agus Purwono, Perwira Upacara Kapten Inf Jufri Upara.

Adapun petugas pengibar bendera, Judyann Segovia asal sekolah SMK Neg 1 Palopo, pembawa  bendera, Intan asal sekolah SMA Neg II Palopo, selaku Danton Fauzan, SMA Neg 1 Palopo, Penarik bendera Gabriel SMA Neg 1 Palopo, Pembentang Bendara Qalfi, SMA Neg 1 Palopo, dan Pagar Elsa Putri Tandionga SMA Neg II Palopo, Luluk Tisnawati Bambang SMA Neg III, Maya Marintang Palumpa SMA Neg 5 Palopo.

Ditengah pelaksanaan Upacara, Wali Kota menyerahkan secara simbolis yang diwakili oleh 3 (tiga) orang, dari warga Lapas Klas IIA Palopo, yang memperoleh remisi kemerdekaan ( pengurangan masa hukuman).Setelahpelaksanaan upacara di Tribun Lapangan Pancasila, kegiatan dilanjutkan ke Ruang Pertemuan Ratona, mengikuti live streaming dari Istana Merdeka Jakarta, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Pada pelaksanaan upacara turut dihadiri Forkopimda, Ketua TP PKK Kota Palopo, Wakil Wali Kota, Wakil Ketua TP PKK, Jajaran TNI dan Polri, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kota Palopo, Legiun Veteran Palopo, Jajaran Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Palopo, Korps Pramuka, KNPI Kota Palopo, ASN, serta perwakilan pelajar Kota Palopo.