Jus Buah Tala dari tanah kering Jeneponto

Buah Tala dijadikan minuman internasional di Hotel Melia Makassar / Edwin Jhardy

TERKINI.id, JENEPONTO – Pohon lontar (siwalan) dalam masyarakat Bugis-Makassar disebut sebagai pohon tala’ atau pohon lontara. Pohon yang termasuk dalam kelompok palma ini banyak tumbuh di daerah kering dan tandus. Di Sulawesi Selatan, pohon lontar banyak tumbuh di kawasan pesisir selatan Kabupaten Jeneponto.

Untuk itu, selain kuda, pohon lontar juga menjadi salah satu ikon Kabupaten Jeneponto. Pohon yang dapat bertahan hidup hingga ratusan tahun ini sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di kabupaten yang dijuluki Butta Turatea ini.

Pohon lontar adalah pohon yang kokoh dan kuat. Berbatang tunggal dengan tinggi 15-30 meter. Diameter batang mencapai 60 sentimeter. Kebanyakan pohon ini hidup berdekat-dekatan.

Pohon lontara bagi masyarakat Jeneponto memiliki banyak manfaat. Ia sering disebut sebagai pohon kehidupan, sebab sejak dahulu hingga sekarang setiap bagian pada pohon ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian warga.

Dahulu, daun pohon lontar dulu digunakan sebagai pengganti kertas untuk menulis naskah aksara Bugis-Makassar, aksara lontara. Selain sebagai media penulisan, daun lontar hingga sekarang menjadi bahan baku pembuatan kipas, topi, tikar (tappere), bakul, keranjang, tenunan, hingga alat musik.

Serat pohon dan batang pohon merupakan bahan baku pembuatan berbagai alat kebutuhan rumah tangga.

Sedangkan buah dari pohon lontar yang dikenal sebagai buah tala’ juga dapat dikonsumsi. Rasanya manis dengan tekstur lunak dan segar mirip daging kelapa.

Selain dapat dikonsumsi langsung, buah tala juga dapat diolah menjadi jus.

Jus buah tala, adalah salah satu kuliner khas yang dapat ditemui jika berkunjung ke Jeneponto. Minuman segar ini terbuat dari buah tala yang masih muda yang umumnya diberi campuran gula aren yang juga berasal dari pohon yang sama.

Di Jeneponto, Kios Ernie FC yang terletak di poros jalan Boyong, Kelurahan Tonro Kassi Timur, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, adalah salah satu tempat yang menjajakkan sajian jus buah tala. Sang pemilik kios Erniwaty (34 tahun) , menuturkan dirinya telah memulai usaha penjualan jus buah tala sejak 3 bulan lalu.

Erni, sapaan akrabnya, memutuskan menjual jus buah tala’ karena rasa iba kepada penjual buah tala’ yang sering berjualan di pinggir jalan poros Boyong. Rasa iba itu semakin menjadi tatkala buah tala yang dijajakkan sang penjual tidak laku terjual.

“Makanya saya coba membuat buah tala muda itu menjadi Jus, setelah saya buat dan saya minum ternyata rasanya sangat enak,” tutur Erni kepada Makassar Terkini, Rabu 17 Mei 2017.

Dari sini, Erni memutuskan menjadi pembeli tetap buah tala’ dari penjual yang biasa Ia temui itu. Dari niat memberi pertolongan ini, Erni sukses menghasilkan jus buah tala’ yang memiliki struktur kental dan sangat berkhasiat bagi kesehatan. Seperti mencegah diabetes dan mempertajam pendengaran.

Erni belajar meracik jus buah tala’ secara autodidak. Sehingga Ia harus mengulangi komposisi ramuan pada jus buah tala’ untuk mendapatkan rasa yang pas. “Beberapa kali mengulang ramuan yang saya buat,” kata Erni.

Kini, dari kepiawaiannya meracik, Erni mampu membuat aneka jus buah degan empat varian rasa, yakni jus buah tala rasa gula merah, vanila, coklat, dan original.

kreasi jus buah tala di Jeneponto / Syarief

Erni menyebutkan aneka varian rasa jus buah tala’ racikannya dijual dengan harga berbeda. Untuk jus buah tala’ rasa vanila, coklat dan gula merah ia jual seharga Rp 15 ribu pergelas. Sedangkan rasa original lokal buah tala’ dijual dengan harga Rp 10 ribu pergelas.

Erni yang juga aktif pada Forum Pemberdayaan Perempuan di Kecamatan Tamalatea, berharap agar jus buah tala’ dapat diproduksi dan dijual oleh masyarakat Jeneponto. Sebab, menurutnya, jus buah tala’ berpotensi menjadi jus khas Jeneponto yang dapat dirasakan oleh orang dari luar daerah.

Pelanggan Kios Ernie FC yakni Asdar (27 tahun) dan Firda (26 tahun), warga Kabupaten Bulukumba yang ditemui Makassar Terkini saat menikmati jus buah tala’ Jeneponto, mengaku rasa jus buah tala sangat nikmat.

“Rasanya nikmat sekali, jusnya sangat segar, setiap kami lewat di sini pasti saya singgah,” kata Firda yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar.

Bagi yang ingin mencoba kesegaran jus buah tala’ racikan Erni, Anda dapat berkunjung di kawasan Kuliner Boyong, Kelurahan Tonro Kassi Timur, Kecamatan Tamalatea Jeneponto. Warung Ernie FC berada di sisi sebelah kanan dari arah kota Makassar.

Syarief I Debra Ayudhistira

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Kerusuhan 22 Mei, Enam Orang Tewas

Terkini.id, Jakarta - Apa yang menjadi kekhawatiran banyak pihak pada 22 Mei 2019 benar-benar terjadi.Pihak pemerintah mencatat, sudah 6 orang tewas akibat kerusuhan yang