Kabar Gembira, Perpanjang SIM Kini Bisa Lewat HP

SIM

Terkini.id, Jakarta – Polda Metro Jaya menggandeng perusahaan penyedia jasa sistem pembayaran (PJSP), Gopay menghadirkan metode pembayaran nontunai untuk pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengungkapkan terobosan baru ini dilakukan guna upaya meningkatkan pelayanan publik dengan mengikuti perkembangan teknologi. Konsep ini merupakan transaksi nontunai pertama bagi pembuatan SIM di Indonesia.

“Kami berharap inovasi ini akan membantu kami menciptakan layanan publik yang cepat, aman, mudah, dan transparan sehingga masyarakat pun juga bisa semakin percaya dengan kinerja pelayanan publik,” kata Yusuf lewat keterangan tertulisnya kepada Media, Senin, 26 Agustus 2019.

Sebagai langkah awal, transaksi tersebut baru bisa digunakan di Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jakarta Barat.

Namun, opsi pembayaran digital itu akan tersedia di Polda Metro Jaya lain, termasuk layanan SIM keliling dan gerai pelayanan Satpas.

Menarik untuk Anda:

Pengguna yang ingin melakukan pembayaran PNBP SIM, baik untuk membuat baru maupun memperpanjang, cukup membuka aplikasi Gojek dan memilih menu “Bayar” untuk melakukan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran PNBP SIM, memasukkan jumlah yang ingin dibayarkan dan melakukan konfirmasi pembayaran.

SIM
Kerjasama GoPay dan Polrestabes. (Foto: Majalahayah)

Inovasi pertama untuk transaksi pembuatan SIM

Sementara itu, Head of Ecosystem Expansion GoPay, Edwin Ariono mengatakan, melalui kerja sama ini, pihaknya tidak hanya berupaya untuk memudahkan masyarakat namun juga pemerintah dan kepolisian dalam mengumpulkan PNBP sehingga menjadi lebih aman dan transparan.

Sebelumnya, Gojek dan Gopay telah menjalin kerja sama di tingkat kota dan kabupaten dengan Polres di 9 kota.

Adapun kesembilan kabupaten/kota tersebut yakni meliputi Gresik, Bekasi, Kota & Kabupaten Mojokerto, Sidoarjo, Pacitan, Madiun, Surabaya, dan Samarinda untuk memberikan kemudahan pembayaran perpanjangan SIM.

“Kerja sama dengan Polda Metro Jaya kali ini menghasilkan inovasi pertama untuk transaksi pembuatan SIM menggunakan metode pembayaran nontunai,” ujar Edwin.

Edwin pun berharap bahwa kemudahan pembayaran PNBP SIM ini ke depannya juga bisa dirasakan oleh masyarakat di wilayah lain.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Jenazah Wanita Dimandikan 4 Orang Laki-laki, Rumah Sakit Minta Maaf

Reaksi Istana Terkait Ancaman FPI dan PA 212 Boikot Pilkada

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar