Kabupaten Pinrang Bakal Panen Udang Windu

Budidaya udang, di Kabupaten Barru.

Terkini.id — Kabupaten Pinrang yang memiliki budidaya udang windu terbesar sekitar 15.026,20 hektare yang tersebar dari Kecamatan Suppa, Lanrisang, Mattiro sompe, Cempa, Duampanua dan Kecamatan Lembang, bakal melakukan panen raya, pada 26 Desember 2019.

Rencananya, Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah akan hadir pada panen udang windu di Kabupaten Pinrang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Sulkaf S Latief mengatakan, Pinrang merupakan daerah yang menempati urutan teratas produksi udang windu terbanyak di Indonesia.

“Target kita 6.000 ton per tahun. Meskipun tahun 2018 produksi udang windu mengalami penurunan mencapai 2.874,6 ton,” ungkap Sulkaf, Senin 2 Desember 2019.

Sementara itu, Tenaga Ahli Gubernur Bidang Perikanan Budidaya, Prof Hattah Fattah mengatakan, optimis capaian produksi tersebut bisa mencapai target.

Apalagi, wilayah yang luas juga didukung oleh adanya pakan alami Phronima yang telah ditemukan dan dikembangkan sejak beberapa tahun lalu.

Phronima adalah sejenis udang renik yang hidup di dasar tambak yang pertama kali ditemukan di Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, karenanya lebih dikenal dengan sebutan Phronima Suppa.

Menurut Hattah Fattah, dengan adanya Phronima suppa, menjadi bagian elementer dari konsistensi pengembangan udang windu di kabupaten Pinrang.

“Phronima suppa potensial diaplikasikan tidak hanya pada tambak tetapi pada panti pembenihan (hatchery) dan pentokolan udang windu,” ujarnya.

Komentar
Terkini
Pinrang

Nurdin Abdullah Puji Kemajuan Pinrang

Terkini.id -- Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah menghadiri peringatan Hari Jadi Kabupaten Pinrang ke-59 tahun yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Pinrang, Selasa 19