Kadis Kesehatan Makassar: 400 Ribu Warga Belum Terima Manfaat JKN-KIS

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin

Terkini.id, Makassar – Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, mengungkapkan pihaknya menargetkan 100 persen penduduk Kota Makassar terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada tahun 2019.

Hal itu disampaikan Naisyah saat Sosialisasi JKN-KIS di Hotel Myko, Jalan Boulevard, Selasa, 22 Mei 2018.

“Terhitung 1 April 2018, peserta JKN di Kota Makassar sebesar 1.306.441 juta jiwa dari total populasi 1,7 juta jiwa. Atau sebesar 79,39 persen dari total populasi. Jadi masih ada sekitar 400.000 warga Kota Makassar yang belum menerima manfaat dari JKN-KIS ini,” ungkapnya.

Padahal, kata Naisyah, JKN-KIS memiliki segudang manfaat untuk jaminan pemeliharaan kesehatan.

“Tersedia 198 fasilitas kesehatan tahap pertama di Kota Makassar, yang terdiri dari Puskesmas, Dokter Praktek Perorangan, Klinik Pratama, TNI dan Polri,” terangnya.

Lanjut Naisyah, untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan tersedia 53 faskes yang terdiri dari 20 unit Klinik Utama, 19 rumah sakit umum, dan 14 rumah sakit khusus.

Keuntungan lainnya, kata Naisyah, yakni kebijakan Jamkesda yang terintegrasi dengan JKN. Sehingga warga yang kurang mampu dapat tercover premi dari APBD provinsi dan Kota Makassar, dengan porsi 40% dan 60%.

“Selain itu, kepesertaan JKN sekarang berlaku secara nasional, dan pelayanan bersifat komprehensif, sistem rujukan berlaku secara nasional. Dengan memanfaatkan teknologi, biaya kesehatan dapat dipantau,” ujarnya.

Pihaknya, kata Naisyah, juga menegaskan akan tetap berkomitmen mendukung program JKN dengan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan masyarakat.

Berita Terkait
Komentar
Terkini