Kampanye GPN, Bank Indonesia Lakukan Sosialisasi di Unhas

Bank Indonesia
Kampanye GPN, Bank Indonesia Lakukan Sosialisasi di Unhas

Terkini.id, Makassar – Bank Indonesia mengadakan acara sosialisasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebagai alat pemersatu transaksi pembayaran Nasional, di ruangan aula FIS B Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Unhas), Kamis, 2 Agustus 2018.

Acara tersebut dihadiri oleh pihak KpwBI Sulsel, Amanlison Sembiring selaku Kepala grup SLA dan SP PUR, Tjahjadi Prastono selaku Kepala Divisi sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, Syamsul Bahri selaku Manager Fungsi Analisis SPPUR, KI dan Perlindungan Konsumen, pihak FEB UNHAS, Wakil Dekan III FEB UNHAS, Dr H. Madris, Dr Agus salim, dan Dr Anas Iswanto Anwar, dan dari pihak Bank Sulselbar, Romy Thaha dan Andi Yuniarti.

Dalam sambutannya, Amanlison Sembiring mengatakan bahwa sosialisasi di kampus Unhas merupakan sosialisasi perdana, kampanye gerbang pembayaran nasional oleh Bank Indonesia.

“Sebelum launching kampanye gerbang pembayaran nasional di Sulawesi selatan, tanggal 5 Agustus 2018, hari ini kami telah melakukan sosialisasi perdana di kampus Unhas,” ucapnya.

Dalam acara tersebut yang bertindak sebagai moderator, Dr Anas Iswanto Anwar, pemateri I, Tjahjadi selaku selaku Kepala divisi sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, pemateri II, Romy Thaha, pemateri III, Andi Yuniarti, dan pemateri IV, Munafahra selaku Asisten pengelolaan uang rupiah, serta peserta sosialisasi yang dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai kampus di kota makassar.

Menarik untuk Anda:

Diskusi dalam acara tersebut berlangsung santai dan menyenangkan karena karakter moderator, Anas Iswanto Anwar yang humoris dan tegas dalam meng-handel acara. Terlebih lagi, para peserta sosialisasi yang sangat antusias untuk bertanya kapada para pemateri.

Pembahasan pada kegiatan tersebut tentang GPN sebagai  sistem yang terdiri atas standar, switching, dan services yang dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme (arrangement) untuk mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional.

Bank Indonesia
Bank Indonesia sosialisasikan GPN di kampus Unhas

Bank Indonesia menetapkan kebijakan GPN melalui interkoneksi (saling terhubung) antara Switching untuk mewujudkan interoperabilitas (saling dapat dioperasikan) sistem pembayaran nasional.

Thahjadi mengatakan penggunaan kartu debet berlogo GPN dapat mempermudah dalam transaksi pembayaran pada seluruh kanal pembayaran (EDC) yang tersedia, hal tersebut akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

“Dengan menggunakan kartu debet yang berlogo GPN diharapkan masyarakat mendapatkan kemudahan untuk melakukan transaksi pembayaran dalam negeri, walaupun transaksi menggunakan GPN belum bisa digunakan di luar negeri akan tetapi saat ini bisa menggunakan produsen kartu elektronik seperti Visa dan MasterCard, target tahun 2022 semua kartu debet perbankan akan berlogo GPN,” ungkap Thahjadi saat menjawab salah satu pertanyaan dari peserta.

Terdapat tiga sasaran utama implementasi GPN yaitu pertama, menciptakan ekosistem dari sistem pembayaran yang saling interkoneksi, interoperabilitas dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi yang mencakup otorisasi, kliring dan setelment secara domestik.

Kedua, meningkatkan perlindungan konsumen antara lain melalui pengamanan data transaksi nasabah dalam setiap transaksi.

Ketiga, meyakinkan ketersediaan dan integritas data transaksi sistem pembayaran nasional guna mendukung efektifitas transmisi kebijakan moneter, efisiensi intermediasi dan resiliensi sistem keuangan.

Setelah sesi tanya jawab, Anas Iswanto Anwar menyampaikan harapan kepada peserta sosialisasi agar dapat bersama-masa mengkampayekan GPN.

“Berhubung karena ini adalah acara sosialisasi, jadi harapannya para peserta dapat menyebarkan informasi mengenai GPN kepada semua kalangan masyarakat,” tuturnya.

Acara sosialisasi ditutup dengan sesi foto bersama antara pemateri, pihak bank indonesia, dan akademisi FEB UNHAS, dan pembagian konsumsi dan sertifikat kepada para peserta.

Citizen Reporter : Suwandi (Peserta Kegiatan)

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tancap Gas, Gerindra Perkenalkan Fatmawati Rusdi Dari Rumah ke Rumah

Ketua Komisi B DPRD Makassar Respon Rencana PD Parkir Ihwal Parkiran Sepeda

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar