Kamu Harus Tahu! Berikut 5 Pekerjaan yang Diprediksi Ahli Bakal Hilang pada 2033, Profesimu Termasuk?

Terkini.id, Jakarta – Tak dimungkiri bahwasanya lapangan kerja terus ikut berkembang dan bahkan berubah seiring dengan semakin modern-nya suatu zaman.

Namun, di sisi lain, tetap saja perubahan zaman sering kali menjadi hambatan bagi seseorang.

Bahkan, beberapa di antaranya harus rela kehilangan pekerjaan lantaran zaman atau kondisi yang telah berubah.

Seperti misalnya di masa sekarang, pandemi Covid-19 cukup banyak berpengaruh terhadap lapangan kerja maupun style suatu pekerjaan.

Jadi, pernahkah kira-kira kamu berpikir pekerjaan apa saja yang kemungkinan besar akan hilang total di masa depan?

Berikut 5 pekerjaan yang berpotensi hilang, setidaknya pada 2033, menurut sejumlah ahli, sebagaimana dilansir terkini.id dari @startupunions via Popbela:

1. Kasir

Digantikan oleh: teknologi yang memungkinkan self checkouts

Transaksi jual-beli saat ini memang masih mengandalkan peran seorang kasir. Namun, sadarkah kamu? Beberapa toko yang tersebar di dunia sudah menggunakan fasilitas self checkouts, yang mempersilahkan proses pembayaran mandiri secara non-tunai.

Melansir dari situs resmi Super Indo, fasilitas self checkouts telah hadir di Superindo Teras Kota, Tanggerang pada 2017. Diketahui, para pelanggan menunjukkan respon yang positif, dengan banyak yang memilih self checkouts ketimbang mengantri di kasir reguler.

2. Pengemudi Truk

Digantikan oleh: truk tanpa pengemudi dengan bantuan teknologi

Siapa bilang pekerjaan sebagai seorang pengemudi truk dapat dikatakan mudah? Tanpa kamu sadari, pekerjaan ini memiliki isu yang namakan trolley dillema, yang mana isu ini dapat merenggut nyawa pengemudi dan tentunya pengendara di sekitarnya.

Atas dasar itulah, para ahli di bidang teknologi terus berupaya mengembangkan artificial intelligence atau simulasi proses kecerdasan manusia oleh mesin dan sistem komputer untuk menggantikan peran seorang pengemudi truk di masa mendatang.

3. Pekerja Gudang

Digantikan oleh: automated robots

Setiap perusahaan tentu memiliki gudang atau tempat penyimpanan untuk setiap stok atau produk-produk yang hendak diproduksi dalam jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, peran manusia dibutuhkan untuk menjaga hingga mengorganisir keperluan gudang.

Akan tetapi, siapa sangka, beberapa perusahaan mulai menggunakan automated robots yang bahkan dapat melakukan proses organisir barang-barang di gudang hingga melakukan proses charging secara mandiri. Hal ini telah diaplikasikan di Tiongkok.

4. Sopir Taksi

Digantikan oleh: autonomous cars

Perkembangan zaman yang kian maju jelas menyebabkan persaingan yang semakin ketat di setiap sektor industri pekerjaan. Termasuk industri transportasi, yang mana eksistensi taksi sudah cukup berupaya dalam menyaingi kehadiran transportasi online.

Namun, persaingan tersebut nyatanya akan terus berlanjut dengan pengembangan self-driving cars yang sedang berada dalam tahap perencanaan. Setidaknya, perusahaan seperti TESLA dan Hyundai diketahui mengambil bagian dalam inovasi tersebut.

5. Agen Perjalanan

Digantikan oleh: situs travel bookings

Berbicara mengenai mobilitas manusia, hal tersebut tentu saja meliputi perjalanan antar daerah, pulau hingga luar negeri. Namun, dalam merealisasikan kegiatan tersebut, kamu tentu nyaris tidak pernah mengandalkan peran seorang agen perjalanan, bukan?

Yup, perkembangan zaman yang semakin mengandalkan kemajuan teknologi melahirkan ragam situs perjalanan yang memudahkan proses booking dan lainnya. Dengan begini, peran seorang agen perjalanan diprediksi akan menghilang pada 2033.

Bagikan