Kapal Nelayan Indonesia Dibajak di Perairan Maluku: Belasan ABK Disandera, 2 Tewas

Dibajak
Ilustrasi kapal dibajak. (Foto: Kumparan)

Terkini.id, Maluku – Sebuah kapal nelayan Indonesia yang mengangkut 30 Anak Buah Kapal (ABK) dibajak saat tengah berlayar di perairan Tual, Ambon, Maluku, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Pembajakan kapal nelayan yang diketahui bernama KM Mina Sejati itu diduga dilakukan oleh 3 ABK kapal itu sendiri. Hal tersebut diungkapkan Kepala Basarnas Ambon, Muslimin.

“Betul informasinya demikian, jadi dibajak sendiri oleh ABK-nya, kami belum tahu insiden motifnya apa belum paham,” kata Muslimin, dikutip dari CNN Indonesia, Minggu, 18 Agustus 2019.

Muslimin juga mengkonfirmasi terdapat 9 orang ABK yang menyelamatkan diri dengan menceburkan diri ke laut menyusul insiden tersebut. Akan tetapi, dua orang di antaranya sudah ditemukan meninggal dunia, dan 18 lainnya masih disandera oleh ketiga pembajak.

“Namun dari informasi yang kami dapatkan bahwa (ABK) 9 itu lompat menyelamatkan diri, 2 meninggal, jadi di dalam sekarang masih ada beberapa ABK yang disandera oleh ABK yang membajak,” ujarnya.

Muslimin mengatakan proses penyanderaan oleh tiga ABK Kapal Mina Sejati masih berlangsung sampai Minggu hari ini.

“Pihak TNI Angkatan Laut (AL) sudah mengerahkan Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Lada untuk melakukan negosiasi sekaligus untuk mengevakuasi para sandera,” ungkapnya.

Hingga saat ini TNI AL, dan Ditpolair Polda Maluku masih melakukan penyirian di perairan Dobo.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Himabim Gelar Festival Bidik Misi 2019

Terkini.id, Makassar– Himpunan Mahasiswa Bidik Misi (Himabim) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (Uinam) kembali menggelar Festival Bidik Misi Nasional 2019 bertajuk “Inovasi Awarde Bidikmisi
News

Bupati Gowa Jadi Irup Peringatan HUT PMI ke-74

Terkini.id,Gowa - Bupati Gowa yanh sekaligus sebagai Ketua terpilih PMI Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Apel Bersama Jajaran Polres
News

Gubernur Sulsel Masuk Jadi Calon Menteri Pertanian

Terkini.id -- Dalam situs detik.com/jokowi-cari-menteri, nama Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah masuk dalam daftar calon Menteri Pertanian, jelang pelantikan dan pembentukan kabinet presiden dan