Kartu KIS Tidak Berlaku, Begini Kata Kabid Pemberdayaan Sosial

Kepala Bidang pemberdayaan sosial dinas sosial kabupaten Jeneponto, Hairuddin Limpo saat dikonfirmasi terkini.id, dikantor Daerah Kabupaten Jeneponto, Senin, 27 Agustus 2018.

Terkini.id, Jeneponto – Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto melalui Bidang Pemberdayaan sosial, membenarkan adanya Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang tidak aktif.

Menurutnya keluarga yang memiliki KIS itu merupakan keluarga yang tidak mampu dan diharapkan ada peningkatan taraf hidup setiap tahun, untuk itu, setiap tahun dilaksanakan validasi terhadap masyarakat yang memiliki KIS.

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto, Hairuddin Limpo, mengatakan, keluarga yang terdaftar penerima Kartu Indonesia Sehat divalidasi setiap tahun untuk mengetahui peningkatan kesejahteraan hidupnya.

“Jadi penerima Kartu Indonesia Sehat setiap tahunnya divalidasi terkait tingkat kesejahteraan hidupnya, kalau sudah masuk kategori mampu, maka keluarga tersebut dikeluarkan, validasinya dilakukan oleh Tenaga Kerja Sosial Kecamatan,” ujar Hairuddin Limpo.

Menurutnya, keluarga yang terdaftar penerima KIS yang sudah masuk kategori mampu dari hasil validasi akan diganti oleh keluarga tidak mampu.

“Jadi Keluarga penerima KIS yang sudah masuk kategori mampu itu sudah tidak layak pakai KIS bantuan dia harus beralih ke BPJS mandiri, validasinya itu dilihat dari tarap hidup keluarga atau peningkatan hidup masyarakat,” ujarnya

Di mana sebelumnya diberitakan Pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengaku kecewa karena kartu tidak aktif lagi.

Hal itu dialami keluarga Sapan (48) warga Kampung Pannara Kelurahan Empoang Selatan Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Suriani istri Sapan saat ditemui Jeneponto Terkini, pihak keluarganya kecewa terhadap pemerintah Indonesia, khususnya pemerintah Kabupaten Jeneponto karena Kartu KIS yang  terima dari Dinas Sosial sudah tidak aktif saat digunakan untuk pengobatan di Puskesmas.

Komentar

Rekomendasi

Ribuan Hektar Tanaman Jagung Terserang Hama, Begini Desakan Komisi II DPRD Jeneponto

Kisah Miris di Jeneponto, Jenazah Digotong dengan Kain Sejauh 10 Km

Sejumlah Ibu Rumah Tangga di Jeneponto Tertipu Investasi Bodong di Medsos

Irup Hari Kesadaran Nasional, Begini Pesan Kapolres Jeneponto

Begini Cara Pencegahan Pungli di Jeneponto

Pemkab Jeneponto Apresiasi Program Kodim 1425 Peduli Penghijauan

Polres Jeneponto Kumpulkan 82 Kepala Desa, Ada Apa?

Ribuan Hektar Tanaman Jagung di Jeneponto Terserang Hama

Tilang Puluhan Pengendara, Ini Tujuan Razia Kendaraan Satlantas Polres Jeneponto

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar