Kartu KIS Tidak Berlaku, Begini Kata Kabid Pemberdayaan Sosial

Kepala Bidang pemberdayaan sosial dinas sosial kabupaten Jeneponto, Hairuddin Limpo saat dikonfirmasi terkini.id, dikantor Daerah Kabupaten Jeneponto, Senin, 27 Agustus 2018.

Terkini.id, Jeneponto – Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto melalui Bidang Pemberdayaan sosial, membenarkan adanya Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang tidak aktif.

Menurutnya keluarga yang memiliki KIS itu merupakan keluarga yang tidak mampu dan diharapkan ada peningkatan taraf hidup setiap tahun, untuk itu, setiap tahun dilaksanakan validasi terhadap masyarakat yang memiliki KIS.

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto, Hairuddin Limpo, mengatakan, keluarga yang terdaftar penerima Kartu Indonesia Sehat divalidasi setiap tahun untuk mengetahui peningkatan kesejahteraan hidupnya.

“Jadi penerima Kartu Indonesia Sehat setiap tahunnya divalidasi terkait tingkat kesejahteraan hidupnya, kalau sudah masuk kategori mampu, maka keluarga tersebut dikeluarkan, validasinya dilakukan oleh Tenaga Kerja Sosial Kecamatan,” ujar Hairuddin Limpo.

Menurutnya, keluarga yang terdaftar penerima KIS yang sudah masuk kategori mampu dari hasil validasi akan diganti oleh keluarga tidak mampu.

“Jadi Keluarga penerima KIS yang sudah masuk kategori mampu itu sudah tidak layak pakai KIS bantuan dia harus beralih ke BPJS mandiri, validasinya itu dilihat dari tarap hidup keluarga atau peningkatan hidup masyarakat,” ujarnya

Di mana sebelumnya diberitakan Pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengaku kecewa karena kartu tidak aktif lagi.

Hal itu dialami keluarga Sapan (48) warga Kampung Pannara Kelurahan Empoang Selatan Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Suriani istri Sapan saat ditemui Jeneponto Terkini, pihak keluarganya kecewa terhadap pemerintah Indonesia, khususnya pemerintah Kabupaten Jeneponto karena Kartu KIS yang  terima dari Dinas Sosial sudah tidak aktif saat digunakan untuk pengobatan di Puskesmas.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Jeneponto

Bupati Tegur Sekwan DPRD Jeneponto Karena Hal Ini

Terkini.id,Jeneponto - Bupati Kabupaten Jeneponto, Iksan Iskandar mengkritik beberapa rangkaian pelaksanaan rapat paripurna DPRD Jeneponto pengesahan 16 Ranperda tahun 2019.Kritikan Bupati Jeneponto itu ditujukan