Kasihan, 278 Karyawan Tidak Teirma THR, Disnaker Lepas Tangan

Terkini.id, Soppeng – Sedikitnya 278 karyawan dari 26 perusahaan swasta yang ada dalam data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Soppeng belum menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

Hal tersebut diungkap Kadisnaker Soppeng, A Dhamra. Dia mengatakan bahwa saat ini pihaknya tidak dapat memberikan sanksi terhadap perusahaannya.

“Kami pernah turun ke perusahaan menanyakan pembagian THR. Dan perusahaan belum melaksanakan kewajiban kepada karyawannya. Bahkan beberapa karyawan juga mengeluh lantaran gaji bulan ini juga belum dibayarkan,” jelas A Dharma, Kamis 7 Juni 2018.

Dalam aturan perusahan, setiap perusahan wajib membayarkan THR kepada para karyawannya tanpa terkecuali. Namun, perusahan di kabupaten belum ada yang membayar THR kepada para karyawannya.

“Pengawasan tenaga kerja dan perusahaan di Kabupaten Soppeng bukan kewenangan kita. Bahkan,tugas dan fungsi Dinas Tenaga Kerja terkait ketenagakerjaan hanya sebatas memfasilitasi pencari kerja dengan pemberian kartu kuning,” ungkap dia.

“Jadi kami di sini tidak dapat memberikan sanksi terhadap perusahaan yang membandel,” tukas dia.

Sementara itu salah perusahaan Waralaba, Misi pasaraya Cabang Soppeng, mengaku dalam waktu dekat ini akan segera mencairkan THR untuk karyawannya.

“Untuk pencairan THR bagi para karyawan, dibayarkan seminggu sebelum lebaran. Dan dibayarkan sejumlah 1 bulan gaji pokok. Di mana Gaji pokok berbeda-beda, tergantung jabatan dan lama kerja masing masing,” ungkap dia.

Berita Terkait