Kasihan, Ratusan Hektar Tanaman Padi Terancam Gagal Panen di Daerah Ini

Petani di Bulukumba gagal panen

Terkini.id,Bulukumba – Sedkitnya 300 hektar sawah di Desa Sawere Kecamatan Gantarang kekeringan akibat tidak mendapatkan pasokan air dan menyebabkan tanaman padi yang baru berumur tiga bulan terancam puso atau gagal panen.

Petani setempat mengatakan bahwa semenjak bendungan irigasi rusak akibat diterjang longsor yang terjadi tanggal 3 Juli lalu, sawah mereka tidak dapat lagi dialiri air.

” Bendungannya tertimbun longsor jadi ndak bisa dilewati air”,ujar Fikri salah seorang petani di Desa Sawere kepada terkini.id Jumat 20 Juli 2018.

Inisiatif Warga

Tak bisa menunggu lama bantuan dari pemerintah yang tak kunjung datang, akhirnya warga setempat melakukan upaya sendiri untuk memperbaiki bendungan irigasi yang rusak untuk semenatara waktu,setiap pagi puluhan petani bergotong royong mengangkat material  longsor dari aliran sungai dan kembali menata irigasi yang tumbang agar air bisa mengalir kembali.

petani d Bulukumba gagal panen

“Kalau tidak segera diperbaiki,kami khawatir empat hari kemudian padi petani sudah mati”,jelas Gunawan warga Sawere.

Menurut Gunawan kondisi sawah sudah mulai retak retak dan batang padi sudah mulai menguning.

Kecamatan Gantarang sendiri merupakan lumbung padi di daerah Bulukumba,dan bila puso terjadi didaerah ini maka kemungkinan warga Bulukumba akan mengalami kelangaan beras.

Warga berharap ,pemerintah khususnya dinas PSDA segera memperbaiki bendungan yang rusak tersebut agar bisa kembali difungsikan warga yang bukan hanya untuk mengairi sawah namun juga untuk dikonsumsi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini