Kasihan, siswa ujian nasional hingga malam karena tak ada sinyal internet

Siswa yang sudah mengikuti ujian sejak siang

Terkini.id, Bulukumba – Ujian Nasional (UN) kali ini benar-benar menjadi “ujian” yang berat bagi sejumlah siswa di Bulukumba.

Hal memiriskan hati, karena ujian yang paling menentukan kelulusan siswa selama tiga tahun berjuang itu, harus dilakukan hingga malam.

Padahal mereka sudah datang sejak pagi, dan berusaha semaksimal untuk tetap fit mengikuti ujian.

Seperti itulah yang terjadi di Sekolah Menengah Atas yang berada di Kecamatan Kajang, yakni di SMAN 5  Bulukumba dan SMAN 18 Bulukumba .

Di SMAN 5 Bulukumba yang berada di Kecamatan Kajang ini, dari tiga ruangan yang disiapkan sebagai tempat pelaksanaan UNBK, hanya satu ruangan saja yang mendapatkan sinyal internet sedangkan dua ruangan lainnya tidak mendapatkan sinyal.

Akibatnya, peserta ujian terpaksa tidak dapat melaksanakan UNBK, dikarenakan modem yang dipakai terpaksa harus dilakukan perbaikan di SMAN 2 Bulukumba.

Bahkan, terlihat di halaman sekolah terlihat dua buah wajan yang dipasang di tiang setinggi sepuluh meter sebagai penangkap sinyal 3. Itu juga tidak dapat membantu membuat sinyal bagus di wilayah tersebut.

“Saya tidak tau apa masalahnya, karena kemarin kita uji coba jaringan bagus kenapa tiba tiba saat mau dimulai ujiannya pagi tadi, sinyal langsung error,” jelas Ilham Syah Kepala Sekolah SMAN 5 Bulukumba kepada terkini.id, Senin 9 April 2018.

Sejumlah peserta ujian yang telah menunggu dari pagi hingga sore hari terlihat sudah sangat kelelahan dan kelaparan, bahkan beberapa di antaranya terpaksa pulang karena lapar.

Ujian Nasional
Ilham Syah Kepala Sekolah SMAN 5 Bulukumba

“Mau pulang dulu,soalnya dari pagi ini belum dimulai katanya habis magrib,” ujar Ningsih salah seorang peserta ujian.

Bukan hanya para peserta ujian namun sejumlah panitia UNBK juga mengeluh dikarenakan kelelahan menunggu sinyal internet membaik.

Kapolsek Kajang AKP Syamsul Bahri yang memantau pelaksanaan UNBK berusaha menghibur para guru, panitia UNBK dan juga peserta ujian untuk bersabar dan mengambil hikmah dari kejadian ini.

“Sabar… ini kan baru pertama kali UNBK,semuanya harus tetap semangat,” jelasnya.

Barulah sekitar pukul 16.00 WITA para peserta ujian yang berada di dua diruangan tersebut memulai pelaksanaan UNBK karena modem yang dipakai sudah mulai menangkap sinyal internet.

Dipastikan pelaksanaan UNBK di SMAN 5 Kajang Bulukumba akan berlangsung hingga malam hari apalagi para peserta dibagi dalam tiga sesi.

“Yah kita usahakan sampe malam dan selesai hari ini,” harap Kepala Sekolah SMAN 5 Bulukumba Ilhamsyah.

Bukan hanya di SMAN 5 Bulukumba,di SMAN 18 juga dilaporkan terkendala masalah jaringan internet bahkan sejumlah guru terpaksa harus membawa server keluar ruangan untuk mendapatkan jaringan.

Kecamatan Kajang memang merupakan daerah yang masuk dalam kategori Blank Spot (tak ada sinyal), pemerintah seharusnya mencari solusi bagi daerah daerah yang masuk dalam lwilayah Blank Spot agar kejadian seperti hari ini tidak terulang.

“Seharusnya jauh jauh hari memang dipersiapkan, kalau seperti ini kasihan anak anak,” jelas salah seorang pengawas yang memantau di sekolah tersebut.

Di SMAN 5 Bulukumba, peserta ujian berjumlah 316 peserta sedangkan di SMAN 18 berjumlah 110 peserta ujian.

Berita Terkait
Komentar
Terkini