Makassar Terkini
Masuk

Kasus Positif Covid-19 di Parepare Sasar Tiga Kecamatan, Penyebaran Semakin Massif

Terkini.id, Parepare – Dari empat kecamatan yang ada di Kota Parepare, tercatat melalui data dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare, kasus terkonfirmasi positif Virus Corona atau Covid-19 telah menyasar sebanyak 3 Kecamatan, yakni kecamatan Ujung, Bacukiki, dan Bacukiki Barat, sekarang tersisa hanya satu kecamatan saja yang memiliki populasi warga yang lebih besar.

Penambahan Bacukiki Barat sebagai Kecamatan ketiga yang memiliki warga terpapar Corona, setelah tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulsel, menetapkan adanya tambahan dua pasien positif di Kota Parepare, yang mana awalnya sebanyak 9 pasien sehingga tercatat sebanyak 11 pasien Positif.

Dua pasien tambahan pada Sabtu, 2 Mei 2020, merupakan warga dari Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat.

Kedua pasien tersebut berada di klaster berbeda, yang mana pasien satu merupakan klaster Maros, dan tinggal didepan kantor Kejaksaan Negeri Parepare, sementara yang satunya lagi merupakan klaster Kapurung yang berada di jalan lingkar Brimob.

Sampai saat ini, dari 11 pasien tersebut, 8 pasien terkonfirmasi sedang dirawat di RSUD Andi Makkasau, satu orang dirawat di RS Sumantri Kota Parepare, dan 2 pasien lainnya di rujuk ke RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Dari data yang ada dengan penambahan pasien tersebut, menetapkan pasien dengan klaster Kapurung menjadi 9 pasien, Klaster Lambelu sebanyak 1, dan Klaster Maros sebanyak satu pasien.

Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare, Halwatiah, mengatakan, sesuai dengan data yang ada sampai saat ini, pasien positif sebanyak 11 Orang.

“Kemarin kita masih di angka 9 namun sampai saat ini kita telah mendapatkan dua tambahan lagi, jadi totalnya sebanyak 11 pasien terkonfirmasi terpapar Covid-19,” katanya.

Untuk tambahan hari ini, kata dia, itu semua berada di Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat.

“Totalnya kita sudah miliki tiga kecamatan yang terkonfirmasi virus Corona, sehingga sampai saat ini tersisa satu Kecamatan lagi, yakni Kecamatan Soreang,” ungkapnya.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare, HM Taufan Pawe, mengatakan dengan kondisi tersebut, maka kemudian kita perlu lebih memperketat Aktivitas dan kewaspadaan kita, apalagi penyebarannya semakin massif.

“Kita sudah ada empat kelurahan yang terpapar, yakni Kelurahan Ujung, Lapadde, Lompoe, dan Bumi Harapan, dan tiga Kecamatan yakni Kecamatan Ujung, Bacukiki dan Bacukiki Barat, itu tandanya jika potensi penyebaran secara luas semakin besar bisa terjadi, kalau kita tidak segera sadar dan tahan diri untuk tetap tinggal di rumah,” imbaunya.