Kebakaran Lahan Tak Seperti Diberitakan? Ini Potret Hutan Indonesia dari Satelit NASA

Terkini.id, Jakarta –  Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Indonesia diberitakan sejumlah media massa dalam beberapa hari terakhir.

Namun, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menilai kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau tidak separah seperti yang beredar di pemberitaan.

Kendati diliputi kabut asap, Wiranto menyebut aktivitas warga di sana dianggap normal.

Nah, jika selama ini masalah asap ramai di media online, kini pemandangan hutan Kalimantan dan Riau yang miris juga terpotret dari satelit NASA.

Foto-foto satelit dari badan antariksa Amerika tersebut dipajang di situs resmi NASA Earth Observatory. Dari foto-foto yang ditampilkan, hutan Indonesia khususnya Kalimantan dan Riau terlihat miris.

Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) yang dipasang di Satelit Aqua milik NASA memotret Kalimantan pada tanggal 15 September 2015. Asap kebakaran hutan mengapung di seluruh wilayah.

Hanya Kalimantan Selatan yang tampak agak mendingan. Kabut asapnya tidak setebal di kawasan lain.

NASA juga menampilkan foto dari Operational Land Imager (OLI) pada satelit Landsat 8. Di situ lebih kelihatan lagi kebakaran hutan di kawasan perkebunan kelapa sawit. Amatan gelombang pendek infra merah diterapkan untuk memperlihatkan titik api.

Selain itu, ada peta data karbon pada 17 September 2019 dari permodelan GEOS Forward Processing (GEOS-FP). Model ini menggabungkan data satelit, pesawat dan sistem observasi di darat untuk mengamati aerosol dan api. GEOS-FP juga memakai data meteorologi seperti suhu udara, kelembabab, angin.

Semuanya dihitung secara matematis, hasilnya tampak api yang begitu parah di tengah Kalimantan. Asapnya terbawa angin sampai ke arah Natuna. Selain itu tampak juga kebakaran hutan di Provinsi Riau di Sumatera, yang asapnya sampai ke Singapura.

Berita Terkait
Komentar
Terkini