Kebut Jualan Mobil Sebelum Harga Naik Tahun Depan

Terkini, Makassar – Awal tahun 2019, harga-harga mobil hampir pasti mengalami kenaikan. Makanya, dalam satu bulan terakhir 2018 ini, sejumlah diler otomotif sedang memacu paket penjualan.

“Semua ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) tentu pasti melakukan perubahan harga. Dan biasanya di bulan Januari,” terang COO Bosowa Berlian Motors (Distributor Mitsubishi di KTI), Syamsul Arifin, 28 November 2018 lalu.

Beberapa komponen yang membuat harga-harga mobil akan naik, adalah hasil akumulasi perubahan selisih kurs rupiah terhadap dolar, bahan bakar, hingga pajak.

Menurut Syamsul Arifin, tidak bisa dipungkiri bahwa komponen produk-produk otomotif masih banyak yang impor. Sehingga, berbagai perubahan harga barang impor sepanjang 2018, menjadi pertimbangan untuk melakukan penyesuaian harga pada awal tahun.

“Makanya, ada yang disebut dengan Januari effect, yakni di saat awal tahun biasanya penjualan kendaraan cenderung turun,” terang dia.

Di kalangan diler, Januari juga sekaligus menjadi ukuran penjualan sepanjan tahun. “Karena jika penjualan di Januari bagus (saat harga naik), tentu sepanjang tahun pasti bagus,” ceritanya.

Syamsul Arifin tidak menyebut tingkat kenaikan harga pada awal 2019 mendatang. Akan tetapi sebagai gambaran, harga-harga mobil dari berbagai merek pada awal 2018 lalu naik mulai dari Rp300.000 hingga puluhan juta rupiah (lihat grafik).

Genjot Promo Akhir Tahun

Karena itu, sebelum harga naik, diler-diler otomotif menggenjot penjualan akhir tahun untuk bisa menuhi target.

Diler otomotif merek Mitsubishi, misalnya, menggelar event Mitsubishi Motors Auto Show yang digelar di Trans Studio Mall pada 28 November hingga 2 Desember 2018.

Berita Terkait: Mitsubishi Motors Auto Expo di TSM, MMKSI Target Xpander Kuasai 30% Pasar

Sementara, Kalla Toyota selaku diler otomotif merek Toyota di Makassar, menggelar SALE-Enf of Year Celebration di Nipah Mall selama 29 November-2 Desember 2018. Diskon hingga 20 persen, serta kesempatan bertemu Anji Drive menjadi jualan promosi.

Berita Terkait: Anji Hadir di SALE Kalla Toyota

“Kita tawarkan sparepart orisinil dengan penawaran diskon 10%, diskon jasa servis
30%, diskon 20% untuk
spooring & balancing hingga diskon 17% perawatan AC pendingin kendaraan,” kata Aswan Amiruddin, Marketing Manager Kalla Toyota.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Tekno

Tahun Depan, Bisa Kirim Uang lewat Whatsapp

Terkini.id, Jakarta - Aplikasi chatting paling populer, Whatsapp, sedang mengembangkan fitur baru yang bisa menyimpan dan mengirimkan uang ke sesama pengguna.Whatsapp tentu akan menjadi