Keindahan Pulau Guang, Selayar yang Jarang Orang Ketahui

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Keindahan Pulau Guang. Gambar @indrakurniawan_034

Terkini.id, Makassar – Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan salah satu diantara 24 Kabupaten di Provinsi Sulawesi – Selatan yang letaknya di ujung Selatan pulau Sulawesi dan memanjang dari Utara ke Selatan

Kepulauan Selayar terkenal dengan tempat wisatanya yang begitu indah, terutama pada lautnya yang bersih.

Meskipun sudah banyak pulau indah atau tempat wisata di Selayar yang sudah mendunia, tapi tidak banyak yang tau bahwa masih banyak tempat wisata lain yang jarang orang ketahui dari segi keindahannya.

Salah satu wisata indah yang jarang wisatawan kunjungi di Selayar ialah Pulau Guang.

Kebanyakan orang jarang mengetahui keindahannya, tapi hamparan pasir putih yang bersih dan alam bawah laut yang indah sangat menarik untuk para wisatawan dari luar daerah Selayar.

Menarik untuk Anda:

Pulau Guang ini sendiri lokasinya sangat strategis, karena sangat dekat dari permukiman warga, jika dari segi waktu hanya sekitar 40 menit dari kampung terdekat yaitu Binanga – Benteng.

Untuk tarif sendiri ke Pulau Guang jarang warga dari Binanga – Benteng memberikan bayaran bagi para wisatawan yang ingin berkunjung kesana.

Dan untuk kendaraan ke Pulau Guang, warga biasanya menggunakan perahu kayu yang kecil yang hanya mampu membawa 4 – 5 orang termasuk kemudi.

Selain hamparan pasir putih yang bersih dan alam bawah laut yang indah, Pulau Guang sendiri punya tebing yang lumayan tinggi sehingga para wisatawan bisa melihat keindahan bawah laut dari ketinggian.

Selain itu, di Pulau Guang juga banyak pulau-pulau kecil berjejer yang juga tidak kalah indahnya.

Dari sisi depan Pulau Guang terdapat gua kecil dan disinilah banyak orang yang datang untuk camping di malam hari, karena di malam hari suasananya sangat damai sangat cocok untuk menikmati kesendirian di tempat yang indah.

Tidak hanya membawa peralatan camping mereka juga terkadang membawa peralatan mancing untuk menangkap ikan agar lebih terasa suasana camping dan kebersamaan dengan teman.

Dan dari sisi depan juga terrdapat rumah-rumah kecil yang terbuat dari daun kelapa yang menambah keindahan dari Pulau Guang.

Tidak kalah indah dari sisi depan, sisi belakang memiliki pemandangan laut yang luas, dan pulau-pulau kecil yang berjejer sehingga sangat indah dipandang.

Sudah sering wisatawan datang ke Pulau Guang tapi jarang orang tau mengenai keindahan Pulau Guang, bahkan Pulau Guang ini pernah di kunjungi oleh mantan mentri Kelautan dan Perikanan Republik lndonesia Dr. Susi Pudjiastuti dalam kunjungan kerjanya.

Dan beliau berpesan untuk menjaga laut, “Bapak ibu, laut ini tempat mencari nafkah tempat kita menggantungkan hidup, inilah masa depan kita dan anak-anak kita. Sehingga wajib kita jaga, jangan ada lagi yang memgebom, dan membius, karena merusak dan membuat ikan habis. Bapak ibu akan rugi sendiri”. Kata Susi Pudjiastuti seperti yang dilansir dari Kominfo Kabupaten Kepulaun Selayar.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tanggap Covid-19, Mahasiswa KKN UMI Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Dusun Paccikombaja Pangkep

PC PM Anggap Deklarasi Paslon Atas Nama AMM Sangat Mencedera

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar