Kejari Pangkep musnahkan bahan peledak nelayan

terkini.id, Pangkep – Kejaksaan Negeri Pangkep memusnahkan barang bukti bahan baku bahan peledak yang digunakan pelaku ilegal fishing. Pemusnahan barang bukti berupa pupuk amonium  nitrat dan detonator ini dilakukan di lapangan tembak Kampung Siloro, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Rabu 9 Januari 2017.

Pemusnahan ini dilakukan sesuai hasil putusan PN yang sudah berkekuatan hukum tetap atau inkracht. Maka dari itu, barang bukti sudah dapat dimusnahkan. Untuk putusan hukuman bagi bagi 12 pelaku, rata antara berkisar 1 tahun 6 bulan penjara, disertai dengan denda.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pangkep, Firmansyah Subhan menyebutkan, barang bukti yang dimusnahkan di antaranya, 216 zak bahan baku peledak bom ikan pupuk amonium nitrate, 1299 detonator diantaranya 99 detonator rakitan siap pakai, 700 detonator pabrikan siap pakai, dan 500 detonator pabrikan siap ledak.

“Putusan Inkracht dari PN sudah ada, dan kita juga telah buat regulasi pemusnahan barang bukti, maka dari itu, hari ini kita lakukan pemusnahan sesuai jumlah barang bukti yang ada,” ujarnya.

Baca :Duh, video cewek di Pangkep berkelahi rebutan cowok beredar di medsos

Barang bukti yang dimusnahkan ini
merupakan pengungkapan terbesar kasus bom ikan yang berhasil diungkap oleh Tim khusus (Timsus) Polres Pangkep dibantu dari Timsus Polda Sulsel 2017 lalu. Dari penyidikan diketahui barang terlarang ini berasal dari jaringan internasional dari Malaysia.