Kejadian Sebenarnya di Balik Video Pembakaran Perahu TKA China di Solok

Terkini.id – Sebuah informasi tentang kemarahan warga Solok, Sumatera Barat, terhadap Tenaga Asing (TKA) asal Tiongkok, menjadi viral di media sosial.

Informasi tersebut sudah dishare hingga ribuan kali. Disebutkan, Warga Solok yang marah, membakar pemukiman dan kantor perusahaan penambangan emas yang mempekerjakan TKA Tiongkok.

“PERTANDA & GEJALA APA KOK PEJABAT PUSAT SAMPAI DAERAH MELINDUNGI APAPUN YANG DI LAKUKAN OLEH ORANG2 CINA HINGGA MASYARAKAT SOLOK MARAH DAN MEMBAKAR APA SAJA !

Bagimana mungkin urang CINA manambang Emas di kabupaten Solok, baa manuruik sanak

Awalnya Kapolres membakar kapal Masyarakat setempat yg tidak suka orang Cina menambang Emas dgn bebas di kabupaten mereka seenaknya saja..

Akibatnya Masyarakat setempat MARAH dan MEMBAKAR Perusahaan CINA ilegal yg mengambil Emas Di BUMI PERTIWI kab Solok SUMATRA BARAT.”

Begitu bunyi narasi kabar hoax tersebut, disertai dengan foto dan video pembakaran.

Dilansir dari akun Masyarakat Anti Fitnah Indonesia, peristiwa dalam foto dan video itu benar terjadi di Solok.

Namun, itu terjadi pada Juni 2011 silam, di PT Geominek. Warga membakar perusahaan penambangan tersebut, karena tidak menerima aktivitas penambangan di tempat itu, dan memperkerjakan TKA asing.

Baca juga: Saking Mahalnya Rumah di Kota Ini, Warganya Tinggal di Tempat

Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto didampingi Kasat Reskrim AKP Omri Yan Sahureka, di Padang Aro, mengungkapkan, foto dan video itu dibumbui dengan narasi ‘TKA China’.

“Video lama itu diunggah lagi pada Senin 18 Juni 2018, dan mengaitkannya dengan masuknya Tenaga Kerja Asing asal Tiongkok,” jelas AKBP Imam Yulisdianto kepada wartawan.

Baca juga: 3 skenario kubu Prabowo menangkan head to head lawan Jokowi

Video yang diunggah tersebut diketahui juga ada yang dipotong. Sebab, saat itu Polres sudah memberikan pengamanan dan pelaku sudah diproses hukum.

Baca juga: Apakah Suku Toraja berasal dari Vietnam ?

Pelaku pembakaran PT Geominek pada 2011 silam tersebut ada enam orang, dan sudah menjalani hukuman atas perbuatannya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Cerita Saut Situmorang yang Batal Mundur dari KPK

Terkini.id, Jakarta - Saut Situmorang sebelumnya ramai dibicarakan lantaran mengundurkan diri dari posisinya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kini, Saut menerangkan bahwa dirinya tidak mengundurkan diri.