Ini kelebihan Honda PCX baru yang diprediksi menggeser NMAX di 2018

Terkini.id, Makassar – Persaingan motor skutik premium antara Honda dan Yamaha memasuki babak baru setelah Honda resmi mengeluarkan skutik premiumnya yang lebih murah: All New Honda PCX 150.

Jika sebelumnya Skutik premium Honda, yakni PCX, selalu kalah penjualannya dari NMAX karena harganya yang mahal, kali ini All New PCX hadir dengan harga lebih murah dari sebelumnya.

Banyak pihak yang memprediksi pasar NMAX akan terpecah oleh PCX. Selain perbedaan harya keduanya makin tipis, konsumen mudah saja berpaling ke PCX daripada menunggu inden NMAX terlalu lama.

Dalam peluncuran All New PCX yang digelar di Mal Ratu Indah, Sabtu 10 Maret lalu, Manajer Pemasaran Area Sulselbar Astra Motor Makassar Henry Setiawan, yakin All New PCX bisa bersaing karena harganya lebih terjangkau.

Upaya yang dilakukan Honda untuk bisa menyaingi NMAX dengan harga murah, adalah dengan melokalisasi produksi PCX dari sebelumya diproduksi di Vietnam menjadi produk lokal Indonesia. Seperti halnya NMAX yang saat ini dibuat di Jakarta.

Menarik untuk Anda:

Harga

Seperti diketahui, PCX sebelumnya dijual dengan harga yang menyentuh Rp 40 juta. Dengan memperbarui beberapa fitur, dan diproduksi di dalam negeri, All New PCX kini dijual dengan harga harga On The Road (OTR) se-Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara Rp 29.510.000 untuk tipe CBS dan Rp32.520.000 untuk tipe ABS.

Sedangkan NMAX Non-ABS harga OTR Makassar dijual dengan harga Rp 28.308.600, dan ABS harga OTR Makassar Rp 31.991.600. Selisih harganya semakin tipis.

Pasar

Pabrik All New Honda PCX di Sunter,  diklaim memiliki kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun. Targetnya pun bisa sebesar itu secara nasional. Astra Motor Makassar, sebagai diler Honda di Sulselbar, optimis menjual All New PCX itu hingga 30 ribu unit per tahun, atau sekitar 2.400 unit per bulan.

Sementara, NMAX, pada tahun 2017, terjual hingga 282 ribu unit. Sementara di Makassar, sepanjang 2017 lalu penjualan NMAXmencapai 11.935 unit.

Dengan permintaan pasar yang melebihi kapasitas produksi, inden NMAX pun panjang. Ini menjadi peluang bagi PCX untuk mengambil sebagian pasar NMAX.

Smart Key

All New Honda PCX produksi lokal, punya smart key system. Fitur ini bisa mengaktifkan mesin dari jarak jauh. Pengguna tidak perlu lagi memasukkan anak kunci. Smart key tersebut berupa remote dan kenop pintar. Sementara, NMAX p masih menggunakan kunci konvensional.

Ukuran

NMAX sedikit lebih tinggi dibandingkan PCX. NMAX memiliki panjang 1.955 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.115 mm. Sementara PCX, panjangnya 1.923 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.107 mm.

Buatan

All New PCX dibuat di Sunter, Jakarta, sedangkan NMAX juga buatan lokal, yakni di Karawang dan Pulogadung  .

Mesin

Kedua skutik premium ini menggunakan mesin keunggulan masing-masing, Honda dengan PGM-FI, berpendingin cairan, Enhanced Smart Power (eSP) berkapasitas 150cc.

Sementara itu, motor Yamaha NMAX 155 ABS menggunakan mesin 155cc berteknologi Blue Core yang diklaim irit bahan bakar. Teknologi VVA (Variable Valve Actuation) juga membuat Yamaha NMAX 2018 memiliki torsi yang merata di setiap putaran mesin.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pertamina Akan Hapus Premium dan Pertalite, Dirut: Harusnya Sudah Tak Dijual Sesuai Aturan

Tidak Semua Paham, Ini Kunci Keberlangsungan Bisnis di Masa Depan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar