Keliling Indonesia, Damin tiba di Enrekang pakai sepeda

Damin pesepeda asal Lampung tiba di Enrekang/ Herman Kambuna

Terkini.id, Makassar – Pria asal Lampung, Damin (43) terus menggowes sepedanya hingga akhirnya tiba di wilayah Kabupaten Enrekang Sulsel.

Damin melakukan perjalanan yang panjang menggunakan sepeda seorang diri. Bersepeda keliling Indonesia yang dilakukan Damin untuk menunaikan nazarnya.

Pria asal Desa Sinarmasma Kecamatan Candi Puro Kabupaten Lampung Selatan ini mengalami kecelakaan lalulintas saat ia mengemudikan truk 2 tahun lalu.

Kecelakaan itu membuat ia kehilangan kaki kanan karena patah dibagian pahanya. Ia harus tinggal dirumah setelah mengalami kecelakaan itu.

Selama keliling Indonesia dengan menggunakan sepeda ontel. Ia hanya sesekali ditelpon istri dan 2 orang anaknya.

“Saya berangkat menggunakan sepeda ontel tua dan membawa 3 pasang pakaian. Keluarga kalau mau tau kabar saya cukup telpon saya” kata Damin.

Damin mengawali di perjalanannya dari Lampung, Lalu ke Palembang dan menggunakan Fery menyebrang ke Banten, Jawa Barat, Jakarta lalu  Menyebrang ke Pulau Kalimantan.

Di Kalimantan Selatan, Damin sempat berbaur dengan masyarakat setemapat. Hingga masuk ke Makassar, dan beberapa Kabupaten di Sulawesi Selatan.

“Dan saat ini sudah berada di Enrekang dan rencananya akan menuju ke Kab. Soppeng yang merupakan titik central Indonesia melalui jalur Tana Toraja, Palopo, Siwa. Dan titik akhirnya nanti di Irian Jaya,” terang Lutfi seorang warga Enrekang yang menemui Damin di Enrekang

Lutfi mengatakan, berbekal semangat dan keinginan melaksanakan nasar Damin terus mengayuh sepedanya.

Selama perjalanan mengelilingi pelosok tanah air, sudah banyak ban habis terpakai.

“Begitupun dengan gear dan rantai sepeda. Saya tanya pak Damin menurutnya sudah lupa dia hitung jumlahnya,” terang Lutfi.

Damin di sambut komunitas motor di Enrekang/ Herman Kambuna

Saat tiba Enrekang kata Lutfi, Damin menyempatkan bertemu dengan komunitas motor Vixion Enrekang (VOC) yang kemudian ikut mengawal ke Wilayah Cakke Kecamatan. Anggeraja Enrekang.

Kemudian beristirahat sejenak di kedai Kopi Ganesa, kemudian lanjut ke Kalosi untuk istirahat di rumah salah seorang anggota komunitas motor Honda CB 100 (HCM Enrekang)

Berita Terkait
Komentar
Terkini