Kembangkan IKM di Makassar, Disperin Sulsel Gelar Celebes YESS 2018

Disperin Sulsel
Beragam produk dari UKM

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam hal ini Dinas Perindustrian (Disperin) Sulsel melalui program pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) menyelenggarakan Celebes Youth Entrepreneur Show and Sell (Celebes YESS) 2018, berlangsung di Phinisi Point Mall Makassar, Senin, 29 Oktober 2018.

Berbagai produk IKM dipamerkan dalam pelaksanaan event yang diikuti oleh 55 tenant IKM se-Kota Makassar ini. Ketua Panitia, Dedi, mengatakan event ini digelar sebagai bentuk dukungan Pemprov Sulsel untuk pengembangan jiwa kewirausahaan para pemuda di kota Makassar.

“Tahun ini sebanyak 55 IKM se-Kota Makassar turut berpartisipasi di Celebes YESS,” ungkap Dedi, Senin, 29 Oktober 2018.

Ketua Panitia Celebes YESS 2018, Dedi. (foto: terkini.id/Fachri Djaman)

Pembukaan Celebes YESS 2018 turut dihadiri Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sulsel, H Ahmadi Akil. Menurutnya, melalui event ini, diharapkan dapat mendongkrak angka pertumbuhan wirausaha anak muda di Indonesia, khususnya di Sulsel dan Kota Makassar.

“Lewat event ini kita memberi kesempatan kepada generasi muda untuk mengembangkan potensi wirausahanya. Sebab jumlah wirausaha anak muda di Indonesia saat ini hanya berkisar 6%, sementara di Singapura sudah mencapai 7% lebih,” ujar Ahmadi Akil dalam sambutannya.

Selaku Kadis Perindustrian, pihaknya berharap wirausahawan baru di Sulsel, khususnya anak-anak muda bisa menjalin kemitraan yang baik dengan pemerintah Provini Sulsel.

“Komitmen adalah pondasi yang dibutuhkan wirausaha baru. Momentum ini adalah peluang untuk para pelaku IKM ini bagaimana bisa bermitra dengan pemerintah,” terangnya.

Disperin Sulsel
Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sulsel, H Ahmadi Akil. (foto: terkini.id/Fachri Djaman)

Selain itu, Ahmadi Akil juga menaruh harapan untuk penyelenggaraan Celebes YESS di tahun 2019 mendatang agar bisa mengakomodir pelaku usaha di 24 Kabupaten/Kota di Sulsel.

“Event yang kami laksanakan hari ini berlevel Kota Makassar. Kita berharap di 2019 nanti itu sekopnya lebih meluas lagi, bisa mengakomodir 24 kabupaten/kota. Event ini sebenarnya menurut saya menjadi peluang bagi pelaku IKM utk memperlebar pangsa pasar,” tambahnya.

Beragam produk UKM Makassar dipamerkan di Celebes YESS 2018. (foto: terkini.id/Fachri Djaman)

Untuk diketahui, para pelaku IKM yang berpartisipasi di Celebes YESS tahun 2018 ini merupakan IKM yang sudah bersertifikasi Halal.

“Adapun yang belum berlabel, kami akan fasilitasi sertifikat halalnya di tahun 2011,” pungkas Ahmadi Akil.

Berita Terkait
Komentar
Terkini