Kembangkan Pariwisata, Pemda Bulukumba Jalin Kerjasama dengan Selayar

Pemda Bulukumba melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pemda Kepulauan Selayar di bidang pariwisata, Kamis 13 September 2018.

Terkini.id, – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata terus berupaya agar jumlah wisatawan ke daerah ini dapat meningkat, apalagi sehubungan dengan dijadikannya Kabupaten Bulukumba sebagai destinasi wisata nasional.

Demi perkembangan pariwisata di daerah yang berjuluk Butta Panrita Kopi ini, Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama Pemerintah Kabupaten Selayar, yang dilakukan langsung oleh Bupati Selayar, Basli Ali.

Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman bersama ratusan masyarakat pada acara Gala Dinner Festival Pinisi 9, di Pantai Tanjung Bira, Kamis 13 September 2018 malam.

Bupati AM Sukri Sappewali dalam sambutannya  mengatakan bukan lagi jamannya melakukan persaingan dengan daerah lain, tapi yang dibutuhkan adalah kolaborasi antar daerah untuk membangun dan memajukan daerah, khususnya pada sektor pariwisata karena kedua daerah ini memiliki karakteristik yang sama.

“Kita Bulukumba serumpun dengan Selayar. Jadi tidak mungkin kita akan bermusuhan, justru kita harus berkolaborasi,”ujar Sukri.

Sementara Bupati Kepulauan Selayar, Muh Basli Ali dalam sambutannya mengaku momentum tersebut sangat membahagiakan dan membanggakan dengan adanya penandatanganan kerjasama tersebut. Kenapa membanggakan, karena Bulukumba kata Basli Ali sudah lebih dulu menggeliat di bidang pariwisata.

“Tentu ini (kerjasama) akan membantu Kabupaten Kepulauan Selayar dalam pengembangkan pariwisatanya. Kami sangat berbangga menjalin kerjasama dengan saudara tua kami,” ungkapnya.

Dikatakannya potensi pariwisata Kepulauan Selayar juga sangat menjanjikan, ada 124 destinasi wisata ditambah dengan 40 atraksi budaya. Menurutnya potensi itu menjadi modal Kepulauan Selayar, sehingga saat ini pun pihaknya sudah mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

“Karena kami memiliki kemampuan terbatas untuk membangun sektor pariwisata ini, makanya harus pintar mencuri perhatian pusat,” bebernya.

Salah satu kendala utama sektor pariwisata Bulukumba dan Selayar saat ini, tambah Basli Ali adalah aspek transportasi. Menurutnya Bulukumba harus memiliki bandara, oleh karena para wisatawan itu rata-rata orang sibuk sehingga jika mereka harus menempuh perjalanan 4 sampai 5 jam, maka mereka akan mempertimbangkan untuk datang.

Senada disampaikan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, isu transportasi yang memakan waktu 4 hingga 5 jam itu menjadi kendala dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Hal ini tentu akan menjadi perhatian pemerintah Provinsi bagaimana bandara bisa dihadirkan di Bulukumba.

“Memang kuota bandara yang menjadi kebijakan Kementerian Perhubungan saat ini sudah ditutup, namun masih memungkinkan adanya opsi lain, misalnya dikonversi menjadi bandara wisata,” pungkas pendamping Nurdin Abdullah ini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

Resonansi Beragama

RESONANSI atau refleksi keberagamaan tercermin dalam bulan penuh berkah ini, Ramadan mubaraq. Tetapi wajah lain juga turut mewarnai yakni adanya fenomena komersialisasi dan komodifikasi
Opini

Kekuatan Doa

DOA menyatukan seorang hamba dengan sang khalik melalui dialog munajatnya. Hamba berada dalam posisi membutuhkan sementara sang khalik yang mengabulkan doa hamba-Nya.Allah Swt menyeru
Opini

Nasib Pakistan Habis Lebaran

BEGITULAH nasib kita, eh, nasib Pakistan. Begitu sulit mencari jalan keluar. Bebannya begitu besar. Jalan berliku sudah dilalui. Oleh pemimpin baru mereka: Imran Khan.
Opini

Cahaya Ilahi

CAHAYA Ilahi senantiasa terpatri dari ayat-ayat suci Alquran yang dilantunkan sepanjang Ramadan ini. Salah satu kemuliaan dan cahaya Ramadan, karena di dalam bulan Ramadan,
Opini

I’tikaf dan Lailatul Qadar

PADA Jumat, 24 Mei 2019 bertepatan hari ke-19 ramadan 1440 Hijriyah, saya mendapat amanah khotbah Jumat di Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar.Panitia memberi topik; “I’tikaf
Opini

Ramadan itu Bulan Alquran

DEMIKIAN dahsyatnya kekuatan ruhiyah Al-Quran sehingga sekiranya diturunkan di atas sebuah gunung niscaya gunung itu akan goncang. Goncang karena rasa takut terhadap Allah SWT,
Opini

Pilpres, Hoaks dan Darurat Literasi Digital

PILPRES  2019 mungkin arena pertarungan paling menguras energi sepanjang sejarah republik ini. Tidak hanya bagi kedua pasang kandidat dan tim pemenangan masing-masing, tetapi juga
Opini

Entertainisasi Ramadan

KEHADIRAN bulan Ramadan yang penuh hikmah, mestinya menjadi momentum bagi umat Islam melakukan resonansi penyucian jiwa, menuju pembentukan pribadi muslim yang paripurna.Berbagai ekspresi keagamaan
Opini

Pembunuhan Karakter di Media Sosial

ERA keterbukaan informasi merupakan gerbong yang luar biasa bagi masyarakat luas untuk mendapatkan informasi yang cepat, mudah dan tidak terbatas.Sebagai warga negara, memperoleh informasi