Kemenkeu Tawarkan Investasi di SBR007, Keuntungan hingga 7,5 Persen

Terkini.id, Jakarta – Direktorat Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali meluncurkan penawaran instrumen investasi Saving Bond Retail seri 007 (SBR007) yang bisa dijangkau masyarakat.

Instrumen investasi ini bisa dengan kelipatan modal yang rendah.

Dimulai dari Rp1 juta hingga Rp3 miliar, para investor sudah dapat memulai investasinya dengan membeli kupon SBR007.

Keuntungan SBR007, Investasi #KiniUntukNanti ada 3. Pertama adalah aman karena dijamin oleh negara.

“Pemerintah menawarkan Saving Bond Retail (SBR)007. Ini diterbitkan Pemerintah. InshaAllah aman. Tidak mungkin ada penundaan pembayaran dan dijamin pemerintah. Tidak mungkin ada gagal bayar atau default. SBR007 digunakan untuk pembiayaan pembangunan Indonesia. Dengan SBR007, investor bisa ikut berpartisipasi membangun Indonesia. Ini yang tidak bisa didapatkan di instrumen investasi lain,” jelas Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR) Luky Alfirman pada Kamis, 11 Juli 2019 seperti dilansir dari laman resmi Kemenkeu.

Untung Lebih Besar dari Suku Bunga

Keuntungan kedua SBR007 yaitu tingkat kupon 7,50% per tahun yang berlaku tanggal 31 Juli 2019-10 Oktober 2019. Ini tentu lebih besar dari suku bunga acuan yang berlaku pada saat penetapan kupon yaitu sebesar 6,00% ditambah spread tetap 150 bps (1,50%).

Keuntungan ketiga, jenis kupon SBR007 adalah floating (mengambang) yang akan disesuaikan setiap 3 bulan dengan tingkat kupon minimal (floating with floor) dengan referensi kupon adalah BI 7 days Reverse Repo Rate. Kupon pertama berlaku sebagai floor. SBR007 akan jatuh tempo pada tanggal 10 Juli 2021 (tenor 2 tahun).

Selain itu, para investor yang membeli SBR007 juga turut berperan aktif dalam membangun negeri karena dananya akan digunakan untuk pembiayaan uang kita (APBN).

Pemesanan dan segala transaksinya dapat dilakukan secara online melalui www.kemenkeu.go.id/sbr dengan memilih salah satu logo mitra distribusi (Midis).

Adapun 20 Midis yang dapat dipilih adalah BCA, Bank CIMB Niaga, Bank DBS, Bank HSBC, Bank Mandiri, Bank Maybank, BNI, Bank OCBC NISP, Bank Panin, Bank Permata, BRI, BTN, Bahana Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Trimegah Sekuritas Indonesia, Bareksa, Invisee, Tanamduit, Investree dan Modalku.

Hanya diperlukan 4 langkah mudah untuk memiliki SBR007 yaitu melakukan registrasi, pesan, bayar dan konfirmasi. Pemesanan dapat dilakukan mulai tanggal 11-25 Juli 2019.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Ekobis

Telkomsel Luncurkan Paket Data Anti Mubassir

Terkini.id, Makassar - Telkomsel meluncurkan produk baru yang diklaim anti mubassir. Paket data ini akan menjawab keresahan dan kegelisahan pengguna Telkomsel selama ini, yang
News

Begini Sosok JK di Mata Dokter Koboi

Terkini.id,Makassar - Inilah pandangan pemuda milenials Sulawesi Selatan yang juga berprofesi sebagai seorang dokter dan kerap disapa Dokter Koboi terhadap Wakil Presiden Republik Indonesia