Kenali Alergi yang Anda Derita, Ini Penyebab dan Cara Pengobatannya

Derita Alergi
Ilustrasi alergi

Terkini.id – Alergi dapat timbul kapanpun, karena adanya suatu reaksi kepekaan abnormal dari badan terhadap suatu zat tertentu atau alergen. Reaksi tersebut akan memperlihatkan beberapa gejala alergi. Tapi kadang pula tanda-tanda ini tidak menimbulkan gejala apa-apa.

Sebagian zat penyebab itu bisa ditimbulkan melalui debu rumah, bulu dari kulit binatang, makanan, bahan penyedap, obat-obatan, zat pengawet, kosmetik, dan lain-lain. Adapun pemicu dari alergi biasa timbul karena emosi, lelah fisik, cuaca, bebauan yang menyengat, polusi dan asap rokok.

Semua makanan dapat menimbulkan alergi pada orang-orang tertentu. Bahkan ada sebagian orang yang alergi dengan nasi. Begitupun buah dapat pula memicu alergi karena getahnya.

Pada umumnya dokter sering menganjurkan kepada pasien asma alergi untuk tidak mengkonsumsi buah yang banyak mengandung getah, karena pemicunya muncul dari getah buah yang dihasilkan.

Alergi
Ilustrasi alergi makanan

Alergi merupakan penyakit turunan, tapi bukan penyakit yang diturunkan, melainkan keadaan alerginya. Mungkin karena sudah punya bawaan alerginya, tetapi karena hidupnya teratur, stamina bagus, maka alergi tersebut tidak mudah timbul.

Baca :Dinkes Parepare gelar cek kesehatan Car Free Day

Tapi keadaan itu bisa hilang jika hidup berantakan, karena secara otomatis penyakit tersebut bisa timbul kapan pun.

Sebenarnya alergi itu juga dapat diantisipasi agar tidak timbul. Maka hal yang anda dapat lakukan adalah pergilah ke dokter dan lakukan tes alergi. Tes tersebut anda dapat dilakukan tes tersebut melalui darah.

Setelah itu dilanjutkan dengan tes penyaringan yaitu Phadiatop. Setelah diketahui jenis alergi yang anda derita, usahakan anda menghindari alergen penyebabnya.

Alergi
Ilustrasi alergi

Jika anda sulit menghindari jenis alergen, dianjurkan anda diberikan suntikan kekebalan terhadapn alergen tersebut. Setelah itu konsumsi obat alergen. Obat ini ada dua jenis, yaitu obat pengontrol dan obat untuk meredakan gejala jika timbul.

Terakhir, si pasien dianjurkan untuk hidup sehat, gizi yang dikonsumsi cukup, olahraga secara teratur dan hindari stres.

Yang terpenting penderitaan dapat menjaga kualitas hidup, agar si penderita dapat terbebas dari penyakit tersebut. Caranya pun mudah yaitu tidak melanggar aturan yang telah dibuat oleh dokter dan hidup sehat.

Baca :Jangan Ditunda, Ini 10 Latihan untuk Membunuh Lemak di Dalam Tubuh

Artikel ini telah terbit di Majalah Makassar Terkini.