Kenali Faktor-faktor Penyebab dan Resiko Penyakit Jantung Koroner

penyakit jantung
Ilustrasi penyakit jantung

Terkini.id – Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyakit kardiovaskular yang paling sering dijumpai dan merupakan penyebab kematian utama pada usia produktif.

Jantung adalah organ vital yang terdiri dari otot-otot yang sangat kuat dan berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. PJK terjadi bilamana jantung tidak dapat berfungsi karena otot jantung rusak akibat kekurangan pasokan oksigen.

Hal ini terutama terjadi karena penyempitan/pengerasan pembuluh darah atau disebut Aterosklerosis. Yang disebabkan oleh pengendapan kolesterol di dinding pembuluh darah.

penyakit jantung
Ilustrasi

Aterosklerosis merupakan proses yang berlangsung lama dan dapat mengenai seseorang tanpa menimbulkan gejala nyata apabila penyempitan terjadi pada pembuluh darah koroner sehingga sebagai otot jantung tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup maka akan terjadi Angina Pektoris, yang ditandai dengan sakit di dada bagian tengah yang menjalar ke kanan atau ke kiri dan berlangsung selama beberapa menit.

Apabila penyumbatan terjadi menyeluruh maka sebagian otot jantung yang tidak mendapat suplai akan rusak dan terjadilah serangan jantung “infark jantung”. Dan bila serangan meliputi daerah yang luas di jantung maka dapat menyebabkan kematian yang mendadak.

Kolesterol merupakan faktor risiko utama dalam perkembangan PJK. Dislipidemia adalah kondisi yang ditandai dengan kenaikan kadar kolesterol total, kolesterol  LDL dan Trigliserida, serta menurunnya kadar kolesterol HDL.

Kolesterol HDL yang dikenal sebagai kolesterol baik bertugas membersihkan aliran dan pembuluh darah dari gangguan kolesterol jahat. Yang tidak lain adalah kolesterol LDL yang dapat menyusup ke dinding pembuluh darah dan membentuk kerak/plak sehingga pembuluh darah menyempit dan menjadi kaku (Aterosklerosis).

LDL yang berukuran kecil (small dense LDL) 3 kali lebih berbahaya karena lebih mudah tertangkap dan mudah teroksidasi menjadi oxidised LDL yang dapat meningkatkan ketidakstabilan plak sehingga mudah koyak yang menyebabkan penyumpatan pada pembuluh koroner jantung.

penyakit jantung
Ilustrasi

Faktor-faktor risiko pendukung yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya PJK adalah:

  • Kurang olahraga.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Diabetes Mellitus.

Hindarkanlah diri anda dari serangan jantung dengan mengurangi faktor-faktor risiko pendukung diatas, menjalani pola hidup yang sehat, menu sehat, kurangi stress dan olahraga teratur, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Manfaat dari pemeriksaan kesehatan adalah untuk mengetahui risiko anda terhadap penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah sehingga upaya pencegahan dan pengobatan dapat dilakukan sedini mungkin, serta untuk menilai keberhasilan upaya pencegahan dan pemntauan efektifitas pengobatan.

Artikel ini telah terbit di Majalah Makassar Terkini

Berita Terkait