Kenali, Ini Bagian-bagian Daging Sapi dan Manfaatnya

Ilustrasi daging sapi. (foto: improvekertas.com)

Terkini.id – Lebaran Idul Adha tiba, kebanyakan dari kita semua pasti akan mencicipi lezatnya berbagai macam olahan daging sapi nantinya.

Walau banyak yang mengatakan jika daging merah seperti daging sapi mempunyai kandungan lemak jenuh yang lebih banyak dibandingkan daging putih seperti daging ayam, pastinya kita boleh saja mengonsumsinya.

Daging sapi tetap menjadi sumber protein hewani favorit yang baik, bila kita dapat memilih bagian daging dengan baik. Namun, bagian daging sapi yang mana paling sehat untuk tubuh?

Dirangkum terkini.id dari berbagai sumber, berikut potongan daging sapi yang tepat untuk dikonsumsi beserta gizinya. Selasa, 21 Agustus 2018.

1. Chuck (bagian paha depan).

Bagian ini terdiri banyak jaringan ikat, sehingga ketika dimasak, jaringan ikat akan meleleh dan membuat masakan memiliki aroma yang lezat.

Gizi utama:

1. Kalori 28, Kalori : 282,2
2. Protein : 23.3g
3. Karbohidrat : 0.0g
4. Total Fat : 20.2g
5. Fiber : 0.0g

2. Iga.

Iga pada sapi biasanya lembut dan beraroma. Daging ini dapat dimasak dalam berbagai cara, seperti dipanggang , tumis , atau kukus.

Gizi utama:

1. Kalori : 306,1
2. Protein : 18.6g
3. Karbohidrat : 0.0g
4. Total Fat : 25.1g
5. Fiber : 0.0g

3. Short Loin.

Daerah ini menyimpan daging yang sangat lembut. Anda dapat menumis, menggoreng, dibuat sate, atau dipanggang. Steak yang dipotong dari daerah ini sangat lembut.

Gizi utama:

1. Kalori : 262,6
2. Protein : 19.7g
3. Karbohidrat : 0.0g
4. Total Fat : 19.8g
5. Fiber : 0.0g

4. Sirloin.

Sirloin terletak di tulang punggung yang terhubung ke tulang pinggul. Biasanya daging ini dibuat steak.

Gizi utama:

1. Kalori : 219,3
2. Protein : 23.6g
3. Karbohidrat : 0.0g
4. Total Fat : 13.0g
5. Fiber : 0.0g

Daging sapi
(foto: vickybahagia.com)

5. Flank (bagian otot perut).

Daging ini ramping dan berotot, walaupun agak keras, namun daging pada bagian ini juga beraroma.

Gizi utama:

1. Kalori : 192,1
2. Protein : 22.4g
3. Karbohidrat : 0.0g
4. Total Fat : 10.6g
5. Fiber : 0.0g

6. Round (bagian paha belakang).

Adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian atas paha belakang. Daging pada bagian ini tidak begitu mempunyai banyak lemak. Biasanya dibuat dalam campuran daging pizza

Gizi utama:

1. Kalori : 183,6
2. Protein : 25.6g
3. Karbohidrat : 0.0g
4. Total Fat : 8.1g
5. Fiber : 0.0g

7. Brisket.

Bagian daging sapi yang berasal dari selangkangan kaki depan sapi. Daging ini dapat dibuat dengan cara direbus dan dipanggang.

Gizi utama:

1. Kalori : 309,4
2. Protein : 21.3g
3. Karbohidrat : 0.0g
4. Total Fat : 24.2g
5. Fiber : 0.0g

Selain sudah mengenali bagian daging dan juga gizinya, pastikan juga untuk mengolah daging dengan cara yang sehat. Hindari memasak dengan cara digoreng misalnya. Karena hal itu akan menambah kalori ke makanan nantinya. Jadi, disarankan masak potongan daging sapi dengan cara dipanggang, dibuat sup, ataupun ditumis.

Berita Terkait
Komentar
Terkini