Kepala BPBD Syamsibar: Tercatat 26 Orang Meninggal Dunia

Terkini.id,Sulsel – Banjir yang melanda sejumlah daerah di kabupaten sejak 22 Januari 2019 lalu memakan korban baik harta maupun jiwa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPB) Sulsel Syamsibar mengatakan bahwa dampak banjir dan longsor di 10 kabupaten/kota di Sulsel telah tercatat sebanyak 26 orang meninggal dunia.

“Dan sampai saat ini data yang masuk yang kita rilis itu ada 26 orang yang meninggal,” kata Syamsibar, Kamis 24 Januari 2019 pagi.

Sementara itu, data yang dirilis BPBD Sulsel melalui Crisis Media Center Pemprov Sulsel hingga 23 Januari 2019, pukul 23:10 Wita malam total korban, Kepala Keluarga terdampak 3.914 (KK), 5.825 jiwa, 26 orang meninggal dunia, jumlah hilang 24 jiwa, sakit 46 jiwa dan mengungsi 3.321.

“Kemudian yang mengungsi di atas 3.000 dan alhamdulillah hujan sudah tidak seperti kemarin-kemarin. Intensitasnya sudah mulai menurun dan DAM Bili-bili elevasinya juga sudah turun dan berada dalam kondisi normal,” jelas Syamsibar.

Adapun status hingga pukul 04.50 Wita Kamis 24 Januari 2019 pagi, tinggi muka air (TMA) Waduk Bili-bili +99.45 (normal 99,50), vol waduk sekitar 248.59 m3 dan inflow sekitar 246.66m3/dtk serta outflow sekitar 246.70/dtk. Dan status telah diturunkan menjadi di bawah normal dan tinggi bukaan pintu dikurangi menjadi 2.0 m.

Upaya pertolongan masih terus dilakukan sebutnya, termasuk di daerah yang terjadi longsoran.
Sampai saat ini masih terus dilakukan pencarian dari berbagai unsur baik TNI Polri, BPBD, Basarnas, Tagana dan semua kompenen.

“Termasuk masyarakat dan kita koordinasi dengan Bupati Gowa Pak Adnan dan kita berharap semua bisa dievakuasi. Dan ini masih dalam tahap pencarian,” ujarnya.

Komentar

Rekomendasi

Sebelum Meninggal, Shaifuddin Bahrum Menulis Puisi Mengharukan

Kedapatan Tak Pakai Helm, Imam Masjid di Makassar Dihukum Baca Hafalan Alquran

Gowa Terpilih Sebagai Lokasi Simulasi Peringatan Dini Bencana Banjir

Siaga Bencana, Warga Gowa Lakukan Simulasi Peringatan Dini dan Evakuasi Banjir

Bunuh Bayi dari Hasil Mesum dengan Pacar, Wanita Bercadar Ini Ditangkap Polisi

Resmi Jabat Dirut Garuda, Ini Rekam Jejak dan Karir Irfan Saputra

Hendak Pamer Skill Berkendara, Wanita Berhijab Ini Malah Terjungkal dari Sepeda Motor

Adu Jotos di Pinggir Jalan, Bapak Tua Ini Tersungkur Dihajar Pria Bertato

Lies F Nurdin Lantik Ketua TP PKK Sri Widiyati Sebagai Bunda Paud Pinrang

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar