Kepsek SD Tidak Transparan Kelola Dana BOS, Bendahara dan Operator Mundur

Kepala SDN 84 Ganrang-Ganrang Kelurahan Bontoa Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Hernawan, saat dikonfirmasi terkini.id, di kantornya,Rabu,17 September 2019.(terkini.id/Syarief)

Terkini.id, Jeneponto – Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 84 Ganrang-Ganrang Kelurahan Bontoa Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Hernawati diduga tidak memanfaatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Akibat dari tidak memanfaatkan dana BOS sesuai juknisnya tersebut, semua guru ASN dan honorer mengeluh dengan kebijakan Kepala sekolah.

Bahkan Bendahara dana BOS dan operator sekolah mengundurkan diri.

“Iya, Senin kemarin saya mengundurkan diri, karena tidak sepaham dengan kepala sekolah, saya dan guru takut terlibat dengan kebijakan Kepala Sekolah,” kata operator SDN 84 Ganrang-Ganrang, Anwar Karim kepada terkini.id, Rabu, 18 September 2019 di sekolahnya.

Menurut pengakuan beberapa guru yang ditemui terkini.id di sekolah tersebut kepala sekolah tidak memanfaatkan dana BOS sesuai kebutuhan sekolah.

“Selama dia Kepala sekolah kondisi sekolah semakin terpuruk, tidak ada perhatiannya, tidak sama dengan kepala-kepala sekolah sebelumnya yang sangat memperhatikan sekolah,” kata salah seorang guru yang sudah kurang lebih 10 tahun mengajar di sekolah tersebut.

Sementara, Bendahara dana BOS dan DAK, Fitriani, juga mengaku mengundurkan diri karena tidak difungsikan sebagai Bendahara.

“Saya sudah menyampaikan ke kepala sekolah untuk mengundurkan diri, surat pengunduran diri saya secara tertulis akan saya berikan,” kata Fitriani

Menurut pengakuannya, dia hanya difungsikan untuk menarik dana, tapi pemanfaatan dana BOS tidak dilibatkan.

“Saya hanya sebatas menarik uang saja, sudah Kepala sekolah langsung minta semua, saya dan guru lainnya tidak ada yang dilibatkan pembelanjaan dana BOS, kita tidak tahu apa yang dibelanjakan,” jelas Fitriani

Dari pengakuan guru-guru maupun bujang sekolah, selama Hernawati menjabat kepala sekolah di SDN 84 Ganrang-Ganrang, terlihat penggunaan dana BOS hanya membelanjakan cat dan tenda.

“Selama dia Kepala sekolah, penggunaan dana BOS nya selama 4 triwulan yang kita lihat dia hanya membeli cat tembok dua yang 20 kg, cat tembok 8 yang 5 kg, dispenser 1 unit, dan tenda kemah satu unit, dengan harga 4 juta katanya,” ujar guru yang enggan disebutkan namanya

Terkait intensif guru-guru dari dana BOS, guru-guru mengaku berbeda-beda, guru yang pegang kelas diberikan Rp 750 ribu, yang tidak ada pegang kelas ada yang diberi Rp 550 ribu, ada yang Rp 600 ribu setiap triwulan.

Sementara Kepala SDN 84 Ganrang-Ganrang, Hernawati, saat ditemui terkini.id, di kantornya, Rabu, 18 September 2019, mengaku mulai menjabat kepala sekolah di sejak bulan Juni 2018.

“Di SK itu bulan Juni 2018, sampai saat ini saya sudah menggunakan dana BOS 4 triwulan, jumlah siswa tahun lalu 203,” kata Hernawati

Terkait pembelanjaan dan Dana BOS, Hernawati mengaku membelanjakan bersama bendahara,” untuk penggunaan dana BOS kita belanjakan ATK untuk guru dan sarana dan Prasarana,” ngakunya

Namun, anehnya Hernawati tidak tahun jumlah dana BOS yang diterima selay4 triwulan begitupun sarana dan prasarana yang di perbaiki.

“Saya tidak tahumi berapa total dana BOS yang diterima ada di pembukuan, sarana dan prasarana itu seperti perbaikan bangku, tapi selama saya belum ada yang diperbaik, yang perbaikan bangku dan meja yang rusak itu kepala sekolah yang lalu,”tuturnya

Dimana diketahui jumlah siswa SDN 84 Ganrang-Ganrang yang terinput dalam dapodik tahun 2018 sebanyak 214 siswa dengan 19 rumbel, jumlah guru ASN dan non ASN sebanyak 19 orang.

Sedangkan jumlah dana biaya operasional sekolah yang diterima selama satu tahun sebanyak 214 siswa dikali Rp 800.000 persiswa sehingga totalnya sebanyak Rp 171.200.000 selama satu tahun.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Gowa

Keren, Cadika Bakal Jadi Miniatur Perkemahan Cibubur

Terkini.id,Gowa - Renovasi Bumi Perkemahan Pramuka Cadika yang berlokasi di Kelurahan Pabentengan, Kecamatan Bajeng diharapkan dapatu menjadi miniatur Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur.Hal