Keren! di sekolah ini sanksi siswa terlambat dengan mengaji

TERKINI.ID, BULUKUMBA – Hukuman bagi siswa terlambat memang sudah lumrah terjadi di sekolah, tapi ada sebuah Sekolah Madrasah di Bulukumba yang menghukum siswanya dengan cara unik yakni dengan membaca Alquran.

Sekolah Madrasah Aliyah Gunung Jati Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang ini memberi hukuman kepada para siswa dan siswinya yang datang terlambat ke sekolah dengan hukuman mengaji.

Sekolah naungan Kemenag tersebut menerapkan hukuman yang tentu saja  berbeda dari sekolah lain pada umumnya.

“Kami memang menerapkan hukuman yang lebih positif bagi siswa yakni bagi siswa yang terlambat datang kami hukum mengaji, jumlah ayat dan surah yang dibaca disesuaikan dengan lama keterlambatan mereka, bahkan ada yang kami suruh mengaji sampai satu Juz”, jelas Ramli.

Salah seorang guru Bahasa Arab, Ikhwan Bahar sangat mengapresiasi langkah kedisiplinan di MA Gunung Jati bagi siswanya.

“Hukuman ini bernilai edukatif terhadap siswa. Saya sangat setuju, langkah ini dicontoh dari sekolah di pulau Sumatera yang telah duluan memberlakukan metode hukuman tersebut,” kata Ikhwan Bahar melalui pesan WhatsApp, Rabu (18/10).

Hukuman bagi siswa yang terlambat, tambah Ikhwan Bahar, ditempatkan di ruang khusus dan mendapat pengawasan dari para guru.

“Siswa yang dihukum akan diawasi oleh guru dan akan dilihat oleh para siswa yang terlambat, dan diumumkan pada hari Senin saat upacara,” terang Ikhwan Bahar.

Bukan hanya itu, usai melaksanakan Shalat Dhuhur diterapkan pembelajaran mengaji oleh masing masing wali kelas. Musfira Aris selaku Wali kelas X MIA, mengajak anak walinya untuk mengaji dan kultum bersama di masjid sekolah.

“Ini pembiasaan yang baik bagi siswa agar mereka tidak lupa bacaan Alqur’annya dan sebagai sarana untuk pembinaan akhlak mereka,” pungkas Musfira.

Berita Terkait
Komentar
Terkini