Kesamaan Prof Ahmad Amiruddin dan Prof Nurdin Abdullah

Prof Ahmad Amiruddin dan Prof Nurdin Abdullah
Prof Ahmad Amiruddin dan Prof Nurdin Abdullah

Terkini.id – Kali ini, Universitas Hasanuddin kembali mempersembahkan putra terbaiknya untuk Sulawesi Selatan. Untuk Indonesia!

Profesor DR Nurdin Abdullah, yang hampir pasti terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Selatan, merupakan dosen dan guru besar di Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin.

Sebelumnya, Prof DR Ahmad Amirudfin, jago nuklir, yang merupakan rektor Unhas selama periode 1973-1982, juga menjadi Gubernur Sulsel dua periode, 1983-1993.

Selama menjadi rektor, Prof Ahmad Amiruddin membangun Unhas dari yang karut-marut, menjadi universitas yang disegani dan diperhitungkan.

Prof Ahmad Amiruddin menjadi gubernur sipil pertama di zaman Orde Baru, selama dua periode (1983-1993). Orang pertama yang merevitalisasi birokrasi yang kaku.

Menurutnya, jika komunikasi bisa dilakukan melalui telepon, buat apa jauh-jauh datang menemuinya. Apalagi kalau datang tunduk-tunduk, bungkuk-bungkuk.

Konon kalau datang pagi-pagi, pasti pagi sekali, dan pasti marah-marah. Dan, pengantar pulangnya juga marah-marah. Karena begitu susahnya merombak tradisi lama dan begitu sulitnya orang bawah menerjemahkan pikiran-pikirannya. Alfatihah untukmu.

Kali ini, muncul tokoh baru, kembali dari Unhas yang mempersembahkan putera terbaiknya. Untuk bangsa, masih muda. Prof Nurdin Abdullah.

Baca juga: Wapres JK akan Resmikan Tiga Gedung Baru Unhas

Bedanya dengan Prof Amiruddin, dia jebolan doktor Jepang, pengusaha jujur yang beralih ke politik, menjadi bupati dua periode, menyulap menyulap Bantaeng dari daerah miskin dan tertinggal menjadi kota modern dan menjadi tujuan wisata. Kuruq sumangeq…

Berita Terkait