Kesbangpol dan Linmas, Gelar Sosialisasi Bantuan Keuangan kepada Partai Politik

Terkini.id, Palopo – Badan Kesbangpol dan Linnas Kota Palopo menggekar Sosialisasi terkait bantuan keuangan kepada partai politik sebagai bagian dari Implementasi Permendagri nomor 36 tahun 2018.

Kegiatan digelar di Aula Hotel Harapan Kota Palopo, Kamis 20 September 2018.

Kepala Kesbangpol dan Linmas Kota Palopo Dr Baso Sulaiman M.Si, pada kesempatan itu menyampaikan sosialisasi kali ini juga menjabarkan pedoman tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD dan tertib administrasi pengajuan, penyaluran, dan laporan pertanggung jawaban penggunaan bantuan keuangan okeh partai politik.

“Sosialisasi ini dimaksudkan untuk menjabarkan peraturan pemerintah dan peraturan Menteri Dalam Negeri yang terkait dengan bantuan keuangan pada partai politik agar persyaratan, ketentuan dan proses pengajuan, penyaluran dan pertanggung jawaban penerimaan dan penggunaan bantuan keuangan dapat dipahami oleh partai politik,” jelas Baso Sulaiman.

Sementara itu, Pj Wali Kota Palopo Andi Arwien Azis yang di wakili sekda kota palopo H Jamaluddin SH MH, menyampaikan bahwa bantuan keuangan partai politik ini sebetulnya ada peraturan baru yang menuntut pengelolaan dana pemerintahan, dan pengelolaan dana partai politik, harus transparan atau akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Menarik untuk Anda:

“Tidak boleh lagi mengelola keuangan negara dengan semau-mau kita, apalagi lingkup pemerintah, lingkup partai politik adalah orang yang dimata matai oleh siapa saja,” ungkap Sekda.

Selaku sekertaris Daerah ungkapnya, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena akan memberikan pencerahan, pengalaman dan memberikan pemahaman yang pendalaman kepada semua, sehingga dalam pengelolaan bantuan keuangan partai politik tidak ada lagi yang bermasalah.

“Karena kita sadari bersama bahwa tahun tahun sebelumnya melalui kegiatan yang berulang-ulang, masih saja ada yang pandai menggunakan tapi tidak pandai mempertanggung jawabkan,” ujarnya.

Lanjutnya, Pada Prinsipnya berapun yang dibelanjakan sebanyak itu juga yang harus di pertanggung jawabkan, dan akan lebih baik apa yang di gunakan menurut catatan itu juga yang di pertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan perundang undangan.

“Saya berharap sosialisasi ini dapat mempererat silaturahmi antar partai politik walaupun berbeda partai, oleh karena itu selain memberikan pembelajaran, mari kita senantiasa mengelola keuangan partai politik dengan baik dan benar,” tandasnya

Selain Sekda dan kepala Kesbangpol dan Linmas Kota Palopo, turut hadir perwakilan pengelolaan keuangan partai politik.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Judas Amir Ulang Tahun, Kapolres Palopo Beri Kejutan

17 Agustus, Palopo Gelar Upacara HUT Kemerdekaan di Kantor Wali Kota

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar