Kesbangpol Kota Palopo Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan

Kesbangpol Kota Palopo Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan

Terkini.id, Palopo – Dengan mengusung tema Melalui Talkshow Peningkatan Wawasan Kebangsaan Kita Wujudkan Pemahaman dan Pengamalan empat Pilar Kebangsaan. Badan Kesbangpol & Linmas Kota Palopo, menggelar Seminar pada Senin 12 November 2018.

Pada seminar terkait Peningkatan Wawasan Kebangsaan tersebut, dikemas dalam bentuk Talkswhow dan diskusi yang melibatkan perwakilan Perangkat Daerah, para Camat, dan Lurah serta para kepala RT dan RW se Kota Palopo.

Dalam laporannya, Kepala Badan Kesbangpol & Linmas Kota Palopo Dr.H.Baso Sulaiman,M. Si  menyampaikan bahwa seminar kali ini diharapkan para peserta kedepannya dapat bersama sama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban melalui deteksi dini dengan menggunakan pola kemitraan.

“Proyek perubahan terhadap diteksi dini dilatar belakangi oleh kondisi dimana saat ini sistim yang menjadi inti permasalahan karena belum tertata baik,”ungkap Baso Sulaiman.

Salah satu yang menjadi masalah juga  lanjut Baso Sulaiman, disebabkan karena tidak tersedianya peralatan komunikasi yang modern. Belum lagi hubungan terkait hal tersebut hingga pada tingkatan kementrian hingga saat ini juga tidak berjalan baik.

“Salah satu kendala saat ini, karena komunikasi yang tidak berjalan baik, apalagu lagi saat ini belum ada petunjuk tekhnis terkait pola pola deteksi dini,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris daerah Kota Palopo Jamaluddin MH, yang mewakili Walikota Palopo memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Menurut sekda, terkait deteksi dini, semua pihak harus bergerak bersama, wajib komunikasi tetap terjalin baik.

“Kalau semua tingkatan dari RT, RW hingga pada tingkatan Perangkat daerah berfungsi, deteksi dini akan bisa dijalankan,” ungkap Sekda.

Terkait terorisme dan radikalisme  memang harus segara dicegah dan tangkal sebelum akhirnya merebak luas dan menimbulkan dampak yang kurang baik. Upayakan juga dalam.menghadapi hal semacam itu Jangan mengambil langkah dan penyelesaian secara sendiri, sebab itu cenderung bersifat subjektif, namun lakukan pelibatan terhadap semua kalangan dan pemangku kepentingan.

“Kedepankan semangat kebersamaan untuk menyikapi ancaman sosial. Dimana ini sejalan dengan semangat kepemimpinan di Kota Palopo saat ini yang  mengedepankan diskusi sehingga memungkinkan bagi setiap masyarakat untuk memberi konstribusi pemikiran bagi kesuksesan dan kelancaran semua hal,”tandasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini