Ketahui Ini Penyebab Infeksi Paru-paru dan Gejalanya

Terkini.id, – Infeksi paru-paru atau biasa disebut pneumonia terjadi ketika paru-paru mengalami peradangan yang membuat penderitanya mengalami kesulitan terutama bernafas.

Ketika paru-paru mengalami infeksi maka terjadi peradangan yang  memengaruhi bagian saluran udara besar di paru-paru sampai kantong udara kecil yang menyebabkan terjadi penumpukan cairan seperti nanah dan dahak.

Membengkaknya saluran udara dan adanya penumpukan cairan berupa nanah dan dahak membuat penderita mengalami kesulitan bernafas.

Penyebab Infeksi Paru-paru

Peradangan pada paru-paru bisa disebabkan oleh beberapa hal yang umum seperti,

1. Virus seperti virus influensa, virus pernapasan syncytial atau RSV (respiratory syncytial virus), virus corona yang mewabah covid-19. Infeksi yang disebabkan virus ini bisa menjadi pemicu penyakit bronchitis, pneumonia dan bronkiolitis.

2. Bakteri, merupakan salah satu penyebab infeksi pada paru-paru. Bakteri penyebab infeksi seperti bakteri mycoplasma pneumoniae, bakteri chlamydia pneumoniae, bakteri bordetella pertussis, bakteri streptococcus pneumonia, bakteri haemophilus influenzae.

3. Jamur, pada beberapa kasus dapat menyebabkan infeksi paru-paru seperti jamur pneumocystis jirovecii, jamur aspergillus, jamur histoplasma capsulatum. Pada kasus infeksi karena jamur biasanya dialami oleh mereka yang menderita gangguan daya tahan tubuh misalnya karena penyakit tertentu seperti HIV, kanker atau pasien yang mengonsumsi obat penekan kekebalan tubuh.

4. Kebiasaan merokok menjadi penyebab infeksi paru-paru dan juga menyebabkan penyakit kanker paru-paru, penyakit PPOK (penyakit paru obstruktif kronis), emfisema, bronchitis kronis, bronkiektasis dan pneumoconiosis. Berhenti merokok adalah satu cara agar terhindar dari infeksi paru-paru dan penyakit penyerta lainnya.

5. Penyebab lainnya, seperti faktor genetik, terpapar bahan kimia berbahaya, polusi udara dari debu asap, paparan asbes dan beberapa penyakit juga menjadi penyebab lain infeksi paru seperi artritis, scleroderma dan lupus.

Gejala-gejala Infeksi Paru-paru

 Infeksi paru-paru dapat dirasakan penderita dari gejala yang dialami, mengutip dari Kompas.com via BetterHealth, berikut gejala-gejala infeksi paru-paru :

– Terasa sesak napas atau napas menjadi pendek

– Batuk berdahak dengan warna dahak cokelat atau kehijauan

– Demam bahkan sampai menggigil

– Badan terasa ngilu,nyeri, lesu (tidak enak badan)

– Bibir berwarna kebiruan

– Sakit perut

– Sakit kepala

– Tidak ada nafsu makan atau menurun

– Muntah-muntah

– Diare

– Rewel

Infeksi paru-paru dapat dialami oleh siapa saja dari segala usia, terutama bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah seperti anak-anak dan orang lansia.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan jika menemukan gejala infeksi paru-paru seperti tersebut di atas agar dokter dapat mengetahui penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan fisik, rontgen dada, dan melakukan beberapa tes terkait gejala yang dirasakan.

Untuk mengobati penyakit ini dokter biasanya akan memberikan antibiotik jika tergolong ringan, meminta penderita untuk banyak minum air putih dan istirahat yang cukup.

Jangan sepelekan keluhan seperti batuk, sesak napas yang bisa mengindikasikan penderita mengalami infeksi paru-paru, karena jika tidak tertangani dengan baik dan benar bisa menyebabkan  kehilangan nyawa.

Bagikan